Hutong atau gang-gang sempit dalam bahasa Cina, telah ada sejak jaman dulu. Jalan-jalan sempit ini telah menghiasi kawasan perkotaan hingga pedesaan di Beijing khususnya. Jalan-jalan sempit ini dulu dibangun pada masa Dinasti Yuan, jalan sempit ini digunakan sebagai jalan rahasia untuk mencapai sumur-sumur yang dibuat oleh Kaisar Dinasti Yuan. Hal ini menjadi sangat penting karena warga sekitar kerajaan tinggal di sekitar sumur tersebut. hutong juga digunakan untuk melarikan diri disaat bahaya mengancam kerajaan. Selain itu, Hutong juga digunakan sebagai jalan pintas menuju kerajaan. Jalanan kecil ini hampir mirip dengan labirin yang membingungkan. Hutong yang terkenal adalah Hutong yang terletak di dekat Istana Terlarang. Hutong sekarang ini telah berkembang menjadi area wisata. Para pelancong tertarik untuk mengelilingi jalanan kecil yang berlika-liku tersebut menggunakan becak.

Berbeda dengan becak yang ada di Indonesia, becak di Beijing  ukurannya lebih kecil, namun desainnya antik. Sopir becak berada di depan penumpang, jarak antara sopir becak dengan penumpang agak jauh, sehingga bentuk becak terkesan agak panjang. Becak yang berada di dekat Istana Terlarang memiliki warna kuning pada bagian atapnya, dan merah pada tempat duduk penumpang. Para penarik becak ini berjajar di sekitar area Istana Terlarang sepanjang hari, tak jarang wisatawan pun naik becak ini untuk berkeliling mengelilingi gang-gang sempit di sana.

Hutong telah menjadi ikon kota Beijing, dengan desain yang unik menjadikan kota Beijing memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Karena jumlah penduduknya yang padat, gang-gang sempit ini selalu ramai dengan lalu lalang orang. Panjang dari Hutong sendiri bervariasi, lebar dari Hutong ini bervariasi pula. Hutong yang dekat dengan Istana Terlarang memiliki lebar hanya 50 cm. Ada Hutong yang dapat dilewati oleh sebuah becak, dan ada pula Hutong yang hanya dapat dilewati oleh satu orang saja. Lalu bagaimana jika berpapasan dengan orang lain? Disinilah lucunya, jika berpapasan dengan orang lain, maka harus ada salah satu yang mengalah, artinya jika anda melewati salah satu Hutong yang hanya dapat dilewati oleh seorang saja, maka tindakan terbaik adalah memalingkan badan anda kesamping, sehingga dapat melewati satu sama lain. Yang aneh lagi jika ada pengguna becak yang berpapasan, maka salah satu becak harus berjalan mundur!

Telah ratusan tahun Hutong menjadi jalan alternatif di Beijing, walaupun di kota ini jarang sekali terjadi kemacetan. Jika anda sedang berwisata di Beijing, anda dapat menlusuri Hutong yang terletak di sekitar Istana, atau Hutong lain seperti di dekat Istana Musim Panas maupun Kuil Langit, baik dengan becak maupun berjalan kaki.

Cara menuju lokasi : untuk Hutong yang terletak di Istana Terlarang, anda cukup berjalan kaki dari Lapangan Tiananmen ke area sekitar istana ini. Selain yang berada di Istana ini, anda dapat naik subway atau bus.

Penginapan yang berada di sekitar lokasi : Redwall Jingshan Garden Hotel, Huafu International Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • hutong

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,