Pusat kegiatan olahraga air di Beijing merupakan salah satu bangunan unik yang didirikan oleh pemerintah, sebagai daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Beijing. Masyarakat biasa menyebutnya dengan istilah “Water Cube”. Dinamakan Water Cube karena bentuknya kubus transparan, dengan warna biru air yang terang. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan yang didirikan untuk ajang Olimpiade di Beijing tahun 2008, setelah sebelumnya Stadion Nasional Beijing yang direnovasi hingga menjadi bangunan yang unik pula, dengan bentuk sarang burung. Water Cube ini merupakan tempat diadakannya kejuaraan renang Olimpiade Beijing. Water Cube ini digunakan dalam ajang Olimpiade Beijing untuk olahraga air seperti polo air, renang, menyelam, dan lain-lain.  Setelah Olimpiade Beijing selesai, arena ini direnovasi lagi menjadi taman air.

Water Cube mulai direnovasi pada tanggal 24 Desember 2003, sebelum digunakan dalam ajang Olimpiade di Beijing. Pembenahan Water Cube selesai pada tanggal 28 Januari 2008. Bangunan ini resmi digunakan untuk taman air pada bulan Agustus 2010 lalu. Bangunan ini juga menarik masyarakat setempat untuk masuk ke dalam arena Water Cube ini. Dari luar, bangunan ini nampak seperti busa yang berwarna putih terang jika siang hari. Pada malam hari, pemandangan bangunan Water Cube ini sangat menakjubkan. Cahaya lampu yang berwarna putih dan biru berpadu dengan warna air di kolam yang ada di dalam Water Cube ini, menghasilkan spektrum warna biru cerah yang luar biasa.

Jika diamati, pada malam hari bangunan ini seperti air yang berdiri, dengan bentuk kubus yang transparan, dengan gelembung-gelembung di dalamnya. Pemandangan ini juga mampu menarik simpatisan wisatawan yang berkunjung ke Beijing. Mereka sangat kagum dengan arsitektur bangunan yang satu ini. Bangunan ini didesain dengan kerangka baja yang memiliki kaca ETFE seluas lebih dari 100.000 meter persegi. Hal ini menjadikan bangunan ini memiliki struktur rangka bangunan terluas di dunia. Kaca yang digunakan merupakan kaca ETFE yang dapat menghemat energi sekitar 30 %, dan mengurangi pemanasan global.

 Water Cube ini mampu menampung sekitar 17.000 penonton, dengan arena untuk olahraga air seluas 7.000 meter persegi. Dengan tinggi bangunan yang mencapai 31 meter, anda dapat melihat cahaya biru terang dari bangunan unik ini dari jarak ratusan meter. Beijing memang penuh dengan ikon-ikon bangunan modern yang unik. Jika anda sedang berwisata di Beijing, cobalah untuk melihat gelembung-gelembung raksasa ini. Pemandangan pada bangunan ini akan lebih indah disaksikan saat malam hari.

Cara menuju lokasi : naik subway jalur 10 turun di Stasiun Beitucheng kemudian ganti jalur 8 turun di Olympic Sports Center Station, keluar melalui pintu B1 atau B2. Anda juga dapat naik bus nomor 18, 108, 124, 207, 328, 380, 387, 409, 426, dan 558 turun di Terminal Ao Ti Dong Men.

Penginapan yang berada di sekitar lokasi : Green Tree Inn Capital Airport Hotel, Four Seasons Club

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,