Kota Beijing, selain dikenal karena bangunan-bangunan uniknya, juga memiliki sejuta kebudayaan unik yang menarik dunia. Salah satunya adalah Opera Beijing. Opera Beijing ini merupakan hiburan yang terkenal di Beijing. Opera Beijing telah lama ada, bahkan dari jaman Kekaisaran Dinasti, mulai dari Dinasti Qing, hingga sekarang ini. Opera Beijing memberikan pengaruh besar dalam perkembangan budaya di Cina, banyak seniman dan artis yang lahir dari Opera Beijing. Dulunya, pada masa dinasti Qing, Opera Beijing hanya berupa tari-tarian saja. Opera tersebut bertujuan menghibur para tamu Kaisar yang singgah di kerajaan. Para penari opera merupakan perempuan yang cantik, dengan baju panjang yang khas dari kerajaan.

Seiring berjalannya waktu, opera tersebut telah mengalami perkembangan yang signifikan, tidak hanya bertujuan untuk menghibur tamu di kerajaan, namun juga sebagai hiburan umum untuk masyarakat Cina. Dalam perkembangannya, opera ini tidak hanya menampilkan tari-tarian saja, namun juga ada nyanyian, dialog, seni Kungfu, dan lain-lain. Pemain opera pun tidak hanya kaum wanita, namun juga kaum pria. Antusias masyarakat Cina sangat besar untuk menyaksikan maupun untuk menjadi pemain opera. Pada jaman dahulu, opera menjadi hiburan yang sangat digemari oleh masyarakat Cina. Cerita yang disuguhkan kepada penonton juga beragam, mulai dari cerita romansa, persahabatan, lelucon maupun cerita kesedihan. Tak hanya itu, para pemain opera juga menyisipkan kesenian bela diri ala Cina, yaitu Kungfu ke dalam pertunjukan mereka, saat mereka bermain opera di panggung.

Berbagai macam cerita dengan berbagai macam peran mampu menghibur penonton yang datan menyaksikan opera ini. Para pemain opera ini menggunakan bahasa Cina sebagai bahasa percakapan mereka. Lagu-lagu yang dimainkan sebagai pengirin opera juga menggunakan bahasa Cina. Kesenian ini mirip dengan kesenian wayang orang di Indonesia, bedanya wayang orang di Indonesia tidak mempertunjukkan seni bela diri, kebanyakan tujuannya bersifat lelucon yang menghibur. Beberapa cerita di Opera Beijing yang terkenal antara lain Orphan of Zhao Family, Fifteen Strings of Coppers, Story of the White Snake, dan The Drunken Concubine. Beberapa diantara cerita populer di atas bahkan difilmkan, diantaranya Story of the White Snake dan The Drunken Concubine. Film-film tersebut juga mampu menyedot perhatian pemirsa yang menontonnya, bahkan film-film tersebut pernah menjadi film favorit di Cina dan kawasan Asia lainnya.

Dandanan pemain opera dengan make up wajah dan pakaian khas dari cina menjadi pemandangan ini menjadi hal yang menarik bagi siapa saja yang menyaksikan Opera Beijing. Semakin hari, banyak para pelancong yang datang ke Beijing untuk menyaksikan pertunjukan opera ini. Hingga kini, masyarakat masih antusias melestarikan warisan budaya Cina yang satu ini. Bagi anda yang mencari hiburan di Beijing, opera ini menjadi solusi terbaik sebagai tontonan yang berkualitas sekaligus menghibur. Gedung opera ini terletak diĀ  Jalan Hufang, Distrik Xuanwu, buka mulai hari selasa hingga minggu, harga tiket masuknya sekitar 100 Yuan. Anda juga dapat menyaksikan Opera Beijing ini di Grand National Theatre pada festival-festival tertentu.

Cara menuju lokasi : naik bus nomor 5, 6, 23, 50, 53, 102, dan 105 lalu turun di Halte Hufangqiao.

Penginapan di sekitar lokasi : Rich Hotel, dan Dong Fang Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,