Beijing memang kaya akan bangunan-bangunan bersejarah yang bentuknya unik. Bangunan bangunan tersebut hingga kini masih berdiri megah, bahkan menjadi ikon-ikon kota Beijing. seperti Kuil Langit, Istana Terlarang, Tower Lonceng dan Bedug, dan masih banyak lagi. Ada pula bangunan modern yang menjadi ikon kota Beijing lainnya. Bangunan tersebut adalah sebuah bangunan unik yang berdiri di kawasan Central Business District di kota Beijing adalah CCTV Headquarters atau Gedung Markas Besar CCTV Beijing. Bangunan ini merupakan bangunan menara televisi di Beijing. Fungsinya untuk mengontrol tayangan televisi di Beijing dan sekitarnya. Bangunan ini memiliki tinggi 234 meter, dengan 44 gedung bertingkat. Bentuk bangunan ini sangat unik, diarsiteki oleh Rem Koolhaas dan Ole Schreen. Bangunan ini dibangun pada tanggal 1 Juni 2004, dan selesai pada tanggal 16 Mei 2012. Bentuk bangunan yang unik ini menjadikan salah satu bangunan yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Tower ini terletak di Ring Road Timur, di Distrik Central Bisnis (CBD). Luas bangunan ini mencapai 4 kilometer persegi, dengan desain ruangan yang rumit namun terlihat megah dan elegan. Pada dasarnya bangunan ini berbentuk balok berdiri, dengan bagian tengah yang dihilangkan, namun pada bagian atasnya bersambung, sehingga bangunan ini terlihat seperti dua gedung, dengan atap yang bersambung. Kaca yang menyelimuti bangunan ini dibentuk tidak beraturan, dengan bentuk dasar belah ketupat. Namun justru bentuk yang demikian itulah yang dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi bangunan ini. Bangunan ini juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat kota Beijing, disamping bentuk arsitekturnya yang unik, juga menjadi ikon bangunan modern di kota Beijing.

Interior bangunan ini didesain minimalis, sehingga tampak luas dan rapi. Terdapat ruang studio penyiaran, ruangan syuting, ruangan editor, dan lain-lain di dalam bangunan ini. Setiap interior ruangan yang ada juga didesain secara unik, baik hiasan dinding, lampu, meja, maupun tiang-tiang penyangga tiap ruangan. Hal ini bertujuan agar orang yang bekerja di kantor ini merasa nyaman dan betah bekerja di kantor ini.

Pembangunan bangunan ini memang memakan waktu yang cukup lama, dikarenakan uji coba desain bangunan berkali-kali, hingga menemukan bentuk yang sedemikian rupa, dan dapat berdiri dengan kokoh. Awalnya bentuk bangunan tersebut tidaklah demikian, namun setelah beberapa renovasi dan uji coba, maka ditemukanlah bentuk yang pas, dan aman, kemudian barulah dibangun Menara CCTV tersebut. Karena bangunan ini merupakan bangunan yang sangat tinggi, sehingga dapat terlihat dari radius 1 km dari jalanan yang dekat dengan bangunan ini. Rugi rasanya jika tidak mengujungi bangunan unik yang satu ini, saat anda berkunjung ke Beijing.

Cara menuju lokasi : naik subway (kereta bawah tanah) jalur 1 atau 10, turun di Stasiun Guomao, keluar melalui pintu E2 atau F. Untuk memudahkan transportasi, anda dapat menginap di Jinglun Hotel, dan Hotel New Otani Chang Fu Gong, yang lokasinya tidak jauh dari Menara CCTV ini.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,