Bing (bahasa Cina) merupakan nama lain dari makanan yang berkulit tipis, seperti martabak, creps, pizza, dan lain sebagainya. Sebutan Jian Bing merupakan istilah untuk martabak Beijing. Makanan yang satu ini memang telah mendunia. Martabak di Beijing tidak ubahnya dengan martabak yang ada di Indonesia. Martabak di Beijing dibuat dengan kulit yang cukup tipis dan sedikit kenyal. Jian Bing juga merupakan salah satu makanan yang digemari oleh para wisatawan. Selain harganya yang murah, berkisar antara 2 hingga 3 Yuan, cita rasa makanan ini juga nikmat dan mengenyangkan, sangat cocok sebagai teman anda di perjalanan saat anda berwisata ke Beijing.

Sedikit berbeda dengan martabak yang ada di Nusantara, cara pembuatan martabak di sini mirip dengan pembuatan kue leker/krep di Indonesia. Kulit martabak yang digunakan bukanlah kulit yang terbuat dari tepung terigu yang sedikit berminyak dan sangat kenyal. Namun kulit martabak di sini dibuat dengan menuangkan campuran adonan dari tepung terigu dan bumbu ke dalam wajan yang besar, kemudian diratakan melingkar di setiap sisinya menggunakan alat khusus. Cara ini mirip cara membuat kue leker/krep, dimana adonan tepung yang manis dituang ke dalam loyang yang kemudian diratakan atau diputar, sehingga membentuk adonan yang bulat.

Wajan yang digunakan juga hanya sedikit diberi margarin, agar adonan tidak lengket. Pemberian margarin juga membuat kulit martabak menjadi terasa gurih. Adonan yang telah setengah matang, kemudian ditaburi dengan aneka macam isi sesuai pilihan pembeli. Aneka macam isi tersebut antara lain daging, ikan, telur ayam, dan keju. Yang menjadi favorit pembeli adalah Jian Bing dengan isi telur ayam. Telur ayam kampung diretaskan lalu ditaruh di atas adonan, kemudian ditambah garam, daun bawang, merica, dan bumbu lainnya. Setelah hampir matang, adonan yang telah berisi telur tersebut lalu digulung, dan dibentuk persegi atau segitiga untuk memudahkan memakannya.

Jian Bing akan terasa nikmat apabila ditambahkan aneka macam saus dan sambal. Porsi dari Jian Bing sendiri cukup besar dan mengenyangkan. Masyarakat yang sibuk bekerja dan tidak sempat sarapan, biasanya mengganti menu sarapan mereka dengan Jian Bing ini. Makanan ini banyak di jual di jalan-jalan kecil (Hutong), dan tempat-tempat kuliner seperti Wangfujing, dan lain sebagainya.  Tertarik untuk mencoba? Datang langsung ke Beijing!

Cara menuju Wangfujing : naik subway (kereta bawah tanah) jalur 1, turun di Stasiun Wangfujing. Anda juga dapat menggunakan bus nomor 10, 20, 37, 41, dan 59 lalu turun di Halte Wangfujing. Kawasan Hutong yang ramai berada di sekitar area Istana Terlarang, yang tidak jauh pula dengan Wangfujing. Anda dapat menggunakan subway atau naik bus umum untuk menuju ke sana. Jika anda ingin menginap, tersedia pula penginapan yang berada di sekitar Wangfujing yang dapat anda gunakan : Harmony Hotel, Sunworld Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep jianbing
  • martabak unik
  • cara membuat jian bing
  • cara membuat martabak beijing

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,