Masyarakat Cina, khususnya Beijing memang kaya akan budaya dan tradisi. Begitu pula dengan aneka macam kuliner tradisional yang ada, bahkan resepnya telah turun-temurun dari generasi ke genarasi. Salah satu makanan dengan resep turun-temurun dan menjadi makanan populer di Beijing adalah Mantou. Mantou merupakan makanan pokok di daerah Cina bagian utara. Makanan ini juga dapat ditemui di kawasan kuliner di Beijing seperti Wangfujing, Jiumen Street yang merupakan tempat menjual jajanan pasar di Beijing, atau di restoran-restoran yang ada di Beijing, seperti Restoran Donglaishun. Mantou merupakan sejenis roti yang dikukus, mirip Bakpao, yang berbahan dasar tepung beras dan ragi. Perbedaannya Mantou tidak memiliki isi di dalamnya, dan tekstur Mantou lebih padat dari Bakpao.

Di daerah Cina bagian utara, makanan ini merupakan makanan yang mahal, karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan pilihan dan berkualitas tinggi. Mantou memiliki rasa manis, dan padat, namun ketika dikunyah sangat lembut. Bentuk Mantou pada umumnya berbentuk persegi panjang yang menggelembung, dengan bagian samping lebih menggelembung dari bagian atasnya. Makanan ini juga tergolong makanan yang mengenyangkan, juga harganya murah, berkisar antara 2 hingga 3 Yuan, dan dapat pula dibawa sebagai bekal diperjalanan saat berwisata ke Beijing. Dalam bahasa Cina, kata Mantou memiliki arti “Kepala Orang Barbarian”. Cerita ini merupakan cerita yang populer dari Periode Kerajaan, saat Zhuge Liang (panglima tentara) memimpin perang melawan pasukan Shu, setelah mengalahkan penguasa Barbar Meng Huo. Namun di tengah perjalanan, Zhuge Liang bertemu dengan sungai dengan arus yang sangat deras.

Pasukan Zhuge Liang tidak bisa melewati sungai itu, kemudian sang penguasa Barbar memberitahukan bahwa cara untuk menyeberangi sungai tersebut adalah dengan mengorbankan 50 kepala orang Barbar untuk menenangkan dewa penunggu sungai. Namun Zhuge mempunyai ide lain, yaitu membuat roti yang menyerupai kepala manusia, kemudian ia membunuh sapi dan kuda, lalu dagingnya diisikan ke dalam roti tersebut, hingga mirip dengan  kepala manusia sungguhan. Zhuge Liang dan pasukannya kemudian melemparkan roti isi tersbut ke dalam sungai, dan akhirnya ia dan pasukannya berhasil menyeberang sungai.

Itulah cerita yang menginspirasi terciptanya Mantou. Hingga kini, Mantou tetap mempertahankan cita rasanya yang manis dan lembut. Terdapat cara menyantap Mantou yang berbeda di dalam tradisi masyarakat Cina, yaitu ada yang digoreng dan ada pula yang dikukus. Biasanya Mantou goreng dimakan dengan susu kental manis, sedangkan Mantou yang dikukus dimakan tanpa tambahan apapun. Bahkan di tempat-tempat perbelanjaan atau mal seperti The Place dan Xindongan, Mantou dikemas dalam kemasan yang siap untuk dikukus atau digoreng. Jika anda sedang berwisata ke Beijing, Mantou sangat cocok sebagai bekal anda di perjalanan, disamping harganya yang murah juga rasanya yang enak. Jangan lupa jika anda berada di Beijing, kunjungi pula tempat-tempat wisata menarik yang ada di Beijing.

Cara menuju lokasi : untuk menuju lokasi-lokasi yang ada di atas, anda dapat menggunakan subway (kereta bawah tanah) atau bus umum. Tersedia pula penginapan yang dapat anda tempati yang berada di sekitar tempat-tempat di atas :

Di sekitar Jiumen Street : Templeside Deluxe Hutong House Hotel, Templeside Hutong Guest House

Di sekitar Wangfujing : Harmony Hotel, Atravis Express Hotel Dongsi

Di sekitar The Place : Green Tree Inn Capital Airport HotelFour Seasons Club

Di sekitar Xindongan : Harmony Hotel, Ordos Hotel, Red Wall Garden Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • mantou
  • resep mantou
  • resep mantau
  • kue bakpao
  • Resep roti mantau
  • resep bakpao hongkong
  • aneka masakan barbar
  • roti mantau halal
  • rasa mantou
  • mantou adalah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,