Lapangan Tiananmen merupakan nol kilometer kota Beijing. Lapangan ini terletak di dekat Istana Terlarang atau Kota Terlarang di pusat kota Beijing. Lapangan ini memiliki luas 400 ribu meter persegi, dan merupakan lapangan terluas dan terbesar di dunia. Lapangan ini merupakan acuan untuk mengukur jarak semua tempat di Beijing. Dinamakan Lapangan Tiananmen karena dekat dengan pintu gerbang selatan Istana Terlarang yang bernama gerbang Tianan Menwai. Lapangan ini terlihat begitu luas dan bersih. Banyak dari masyarakat Beijing yang memanfaatkan lapangan ini untuk berolahraga, berjalan-jalan, dan lain-lain. Di lapangan ini juga tidak diperbolehkan ada reklame atau poster yang terpampang, baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan, demi menjaga kebersihan lapangan. p

Lapangan Tiananmen tak lepas dari sejarah penting di Beijing. Di lapangan ini pernah terjadi beberapa kali peristiwa penting di Beijing, seperti  gerakan 4 Mei 1919, proklamasi berdirinya Republik Rakyat Cina (RRC), insiden Tiananmen ada tahun 1976, dan demokrasi Tiananmen pada tahun 1989. Demonstrasi Tiananmen dilakukan oleh masyarakat yang melawan pemerintah yang otoriter waktu itu. Sebuah tragedi yang sangat mengenaskan, karena peristiwa ini berujung kericuhan antara masyarakat sipil dengan petugas keamanan. Tragedi ini menewaskan ribuan orang di Beijing.

Pada pintu gerbang selatan Istana Terlarang tersebut juga dipajang foto Mao Zedong, yang merupakan pelopor berdirinya Republik Rakyat Cina. Tiap tahun masyarakat memperingati hari jadi RRC pada tanggal 1 Oktober. Di samping foto Mao Zedong ada dua buah plakat yang mengapitnya, plakat tersebut ditulis dengan huruf Hanzi, yang artinya “Berjayalah Selamanya Republik Rakyat Cina”, dan “Berjayalah Selamanya Persatuan Dunia”. Tak hanya bangunan Istana saja yang ada di Lapangan Tiananmen ini, di sini juga ada Museum Nasional China, Monumen Pahlawan Rakyat dan Balai Agung Rakyat. Jika musim liburan tiba, lapangan ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Mereka biasanya berfoto dan berjalan-jalan mengelilingi sekitar lapangan.

Bahkan pada Festival Musim Panas, tempat ini menjadi padat pengunjung. Banyak sekali festival yang diadakan di tempat ini. Pada hari raya Imlek, juga sering diadakan pesta kembang api, atraksi barongsai, dan lain sebagainya. Lapangna ini mampu menampung pengunjung sebanyak satu juta orang, Waw…angka yang sangat fantastis! Tempat ini menjadi agenda wajib anda untuk dikunjungi jika anda sedang berjalan-jalan ke Beijing. Disamping tempatnya yang super luas, lapangan ini juga bersih dan sejuk. Anda juga dapat berwisata sejarah di tempat-tempat bersejarah yang dekat dengan Lapangan ini, seperti Kota Terlarang.

Tidak sulit untuk pergi ke tempat ini, dari Stasiun Guamao naik subway di jalur 1 yang melintasi Tiananmen turun di Stasiun Tiananment. Tersedia juga Huafu International Hotel, Super 8 Hotel Beijing Tiantan Nanmen, dan hotel lainnya di sekitar lokasi jika anda ingin menginap.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,