Prince Gong Palace (Istana Prince Gong) merupakan salah satu dari banyak bangunan bersejarah yang ada di kota Beijing, Cina. Istana ini dibangun pada tahun 1777 oleh kerajaan, sebagai rumah bagi Heshen. Heshen merupakan salah satu pria yang cerdas yang merupakan anggota penjaga kekaisaran. Lokasi istana ini berada di Qianhai Xijie, sebelah utara Danau Shichahai. Heshen merupakan pejabat kekaisaran pada masa Dinasti Qing. Beliau merupakan orang kepercayaan sang kaisar, sehingga dipercaya oleh kaisar untuk menduduki posisi yang penting dalam kerajaan. Beliau pernah menduduki kursi pemegang keuangan kerajaan, juga mengendalikan korupsi di kerajaan. Jasa beliau sungguh besar bagi Kaisar Dinasti Qing masa itu, sehingga tak heran jika beliau dibuatkan tempat  yang spesial pula oleh Kaisar.

Tak tanggung-tanggung tanah seluas hampir 15 hektar diberikan kepada Heshen, yang merupakan cikal bakal berdirinya Prince Gong’s Palace ini. Saat pejabat Heshen pensiun, rumahnya diwariskan kepada puteranya, yaitu Kaisar Jiaqing, lalu pada tahun 1851, istana ini diwariskan pada putera keturunan Kaisar Jiaqing, yaitu Pangeran Gong. Istana ini mirip dengan Istana Musim Panas (Summer Palace), yang memiliki hiasan taman yang indah. Hampir setengah bagian istana kecil ini merupakan taman yang ditumbuhi oleh pepohonan hijau dan danau buatan. Di pinggir danau terdapat sebuah gazebo yang besar, sebagai tempat beristirahat dan bersantai Pangeran Gong.

Hiasan taman yang ada benar-benar ditata dengan rapi, letak bunga-bunga yang ada di dalam taman juga ditata sedemikian rupa, sehingga terlihat rapi dengan kombinasi warna bunga saat mekar yang indah, pasti memikat siapapun yang berkunjung ke istana ini. Di dekat istana juga dibangun paviliun-paviliun untuk menyimpan benda-benda penting yang ada di istana. Bangunan istana memiliki gaya arsitektur khas Cina masa Dinasti Qing, dengan hiasan dinding yang unik, ornamen yang detail dan memiliki warna cerah. Istana ini memiliki 49 buah kamar megah, dengan segala fasilitas yang ada. Bahkan kayu yang digunakan sebagai tiang penyangga istana ini merupakan kayu yang sama yang digunakan sebagai penyangga di Istana Terlarang. Yang tak kalah unik, area istana ini dikelilingi oleh pegunungan buatan seluas 7 hektar, sehingga membuat suasana dalam istana terasa sejuk, tentunya dengan pemandangan yang indah.

Mengunjungi Istana Pangeran Gong ini dapat menambah wawasan sejarah anda, disamping itu anda juga dapat merasakan suasana kesejukan saat berada dalam istana. Bisa anda bayangkan kalau saat ini anda mendapat rumah lengkap dengan fasilitas 40 kamar seperti Istana Pangerean Gong ini, waw, sungguh menakjubkan! Istana Pangeran Gong boleh anda jadikan salah satu tempat tujuan wajib anda saat anda bertamasya di Beijing. Istana ini mulai buka pukul 9 pagi hingga jam 6 sore. Harga tiket masuknya mulai 10 Yuan.

Cara menuju lokasi : naik bus nomor 13, 107, 111, 108, 701, dan 810. Tersedia pula penginapan di sekitar lokasi, jika anda mencari tempat menginap :  Beijing Qingfeng Xisi Courtyard Hotel, Lianlian Hutong Guest House.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • istana dinasti ming

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,