Jenis makanan khas Cina yang satu ini merupakan makanan yang digemari anak-anak. Terdapat aneka macam warna, dan pastinya rasanya manis. Makanan tersebut adalah manisan buah (Tanghulu). Manisan buah merupakan makanan favorit anak-anak di Cina, khususnya di Beijing. Aneka buah ditusuk seperti sate, dengan warna-warni yang menarik anak-anak untuk memakannya. Buah yang sering dijadikan manisan antara lain jeruk, chery, anggur, kiwi, pisang, nanas, stroberi, dan lain-lain. Manisan yang dijual biasanya ditusuk seperti sate, dengan panjang sekitar 20 hingga 30 cm. Paduan rasa buah-buahan segar yang dicelupkan ke dalam lapisan gula, sehingga rasanya manis sempurna dan sedikit keras ini, sangat cocok sebagai camilan dan tergolong dalam makanan yang mengenyangkan.

Jika anda sedang berwisata ke Beijing, anda dapat pula membawa manisan sebagai teman dalam perjalanan anda, selain rasanya yang manis dan mengenyangkan, harganya pun murah, antara 3 hingga 5 Yuan per tusuknya. Manisan ini dapat anda dapatkan di sepanjang jalan Wangfujing, yang merupakan kawasan paling ramai di Beijing. Selain di Wangfujing, manisan kemasan juga dapat anda temui di tempat-tempat perbelanjaan seperti The Place dan Xindongan. Makanan ini menjadi makanan favorit bagi masyarakat Beijing asli, dan menjadi jajanan paling favorit pula bagi anak-anak yang ada di Beijing. Manisan buah sangat cocok disantap saat cuaca panas, sehingga kesegaran dari buah yang ada dapat membuat badan dan pikiran anda menjadi segar kembali.

Bagi kebanyakan masyarakat Beijing, Tanghulu bukan hanya sebagai makanan favorit yang lezat, namun juga sebagai simbol dari keberuntungan. Penjual Tanghulu biasanya menjual Tanghulu di kedai-kedai kecil, ada pula yang berkeliling menggunakan sepeda. Penjualan Tanghulu akan meningkat pesat saat ada event atau festival-festival tertentu di Beijing. Makanan ini bahkan telah ada sejak jaman kekaisaran dulu. Makanan ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Dulu, pada jaman Dinasti Song, seorang selir di kerajaan mengalami sakit yang parah, hingga rambut yang ada di alis matanya rontok setiap hari. Kemudian sang Kaisar mengundang tabib istana untuk mengobati selir Kaisar tersebut.

Setelah memeriksa selir tersebut, sang tabib memberikan resep obat yang sederhana, yaitu dengan mendidihkan campuran gula dan air, lalu mencampurkan buah-buahan ke dalamnya. Buah yang dicampur dengan gula tersebut kemudian didinginkan hingga mengkristal, lalu dimakan oleh selir Kaisar tersebut. kondisi selir tersebut lama kelamaan semakin membaik, dan akhirnya dapat sehat kembali. Berita ini sangat menggemparkan negeri, dan mulai saat itu, manisan atau Tanghulu mulai dibuat secara masal oleh masyarakat. Hingga kini, pembuat manisan buah ini semakin bertambah banyak di Cina, bahkan makanan ini juga telah diekspor hingga ke luar negeri.

Cara menuju lokasi : anda dapat menggunakan subway (kereta bawah tanah) atau bus umum untuk mencapai tempat-tempat yang menjual Tanghulu di atas. Jika anda ingin menginap di sekitar tempat-tempat di atas, tersedia pula penginapan yang dapat anda tempati :

Di sekitar Wangfujing : Harmony Hotel, Atravis Express Hotel Dongsi

Di sekitar The Place : Green Tree Inn Capital Airport HotelFour Seasons Club

Di sekitar Xindongan : Harmony Hotel, Ordos Hotel, Red Wall Garden Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • manisan china
  • tanghulu
  • resep tanghulu
  • cara membuat manisan china
  • sate di cina
  • resep bintanghulu
  • manisan china kam lam
  • manisan buah jepang
  • makanan orang cina bulet bulet ditusuk
  • makanan cina yang ditusuk

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,