Seperti yang kita ketahui bahwa Beijing memang kaya akan bangunan bersejarah, bahkan bangunan satu ini masuk dalam kategori tujuh keajaiban dunia. Apalagi kalau bukan tembok besar Cina atau Tembok Raksasa Tiongkok, merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia. Tembok ini telah terkenal hingga ke seluruh dunia. Tembok ini panjangnya 21,196,18 meter. Selain tembok besar Cina, Beijing juga memiliki lima bangunan unik dan menakjubkan. Bangunan apa sajakah yang dimaksud? Penasaran, mari kita simak yang berikut!

1.Stadion Nasional, Sarang Burung Raksasa di Beijing

Beijing Nest WordPress

Beijing Nest WordPress

Stadion Nasional Beijing, yang juga dikenal sebagai Stadion Nasional atau “Sarang Burung” berdasarkan arsitekturnya, adalah sebuah stadion yang dibangun khusus untuk menyambut olimpiade di kawasan zona hijau Olimpiade, Republik Rakyat Tiongkok dan telah dibuka pada bulan Maret 2008. Stadion ini pernah dijadikan tempat olimpiade di Beijing pada tahun 2008 lalu. Selain bentuknya yang unik, yang paling penting bagi sebuah stadion adalah lapangannya. Lapangan di stadion ini dibuat dengan mempertimbangkan aspek keindahan serta tetap memperhatikan kualitas tanah dan rumputnya. Masyarakat setempat juga memanfaatkan area stadion ini untuk berbagai macam kegiatan, seperti berolahraga dan berjalan-jalan.
Peta Lokasi View Larger Map

2. Kantor pusat CCTV, Ikon modern Kota Beijing

China Central Television Headquarters mehranmpr

China Central Television Headquarters mehranmpr

Kantor pusat CCTV atau China Central Television Headquarters adalah bangunan pencakar langit 44 lantai di Distrik Pusat Bisnis Beijing dan menjadi kantor pusat China Central Television. Luas bangunan ini mencapai 4 kilometer persegi, dengan desain ruangan yang rumit namun terlihat megah dan elegan. Pada dasarnya bangunan ini berbentuk balok berdiri, dengan bagian tengah yang dihilangkan, namun pada bagian atasnya tersambung, sehinggabangunan ini terlihat seperti dua gedung, dengan atap yang bersambung. Karena bangunan ini merupakan bangunan yang sangat tinggi, sehingga dapat terlihat dari radius 1 kilometer.
Peta Lokasi View Larger Map

3. Kuil Tiantan, Kuil surga tempat persembahyangan sakral

Kuil Tiantan wikimedia

Kuil Tiantan wikimedia

Temple of Heaven, secara harfiah Altar of Heaven, Tiantan, Abkai Mukden atau Kuil Surga, adalah kompleks bangunan keagamaan yang terletak di bagian tenggara dari pusat kota Beijing. Kompleks dipergunakan oleh Kaisar dari dinasti Ming dan Qing untuk upacara tahunan doa ke Surga untuk panen yang baik. Dibangun pada abad 15 M, dan dibuat di atas lahan seluas 2.700 kilometer persegi. Arsitekturnya menyimbolkan kaitan bumi dan langit yaitu manusia dan Tuhannya. Menurut mitologi Cina, ini berkaitan dengan kaisar sebagai anak langit dalam kepercayaan mereka. Kuil tiantan, merupakan salah satu situs warisan dunia, dimana taman ini dijuluki Temple of Heaven atau Kuil Surga, karena merupakan tempat bersembahyang kepada dewa langit oleh masyarakat Cina.
Peta Lokasi View Larger Map

4. National Grand Theatre, Bangunan telur raksasa di Beijing

Beijing National Grand Theater, The Egg, Tiananmen, Beijing, China

Beijing National Grand Theater, The Egg, Tiananmen, Beijing, China

National Grand Theater berdiri diatas lahan seluas 26 hektar, mulai dibangun sejak tahun 2001, dan pada bulan Juli 2007 telah selesai dengan sempurna. Dirancang oleh seorang seniman juga sebagai seorang teknokrat dan ilmuwan,Paul Andreu. Bangunan ini dilapisi kayu merah dari Brazil, dan ceiling dari kulit kayu yang didatangkan dari Afrika, granit lokal terbaik, interior opera house dindingnya dilapisi dengan kain sutera terbaik yang tahan api. Gedung ini menampilkankarya seni 30% import dan 70% lokal, dan bukan hanya sebagai tempat pertunjukan pentas seni Opera, tetapi juga sebagai pusat kajian.
Peta Lokasi View Larger Map

5. Water Cube, Gelembung air raksasa yang spektakuler

water-cube-at-night

water-cube-at-night

Pusat Akuatika Nasional Beijing, yang juga dikenal sebagai Water Cube, adalah sebuah pusat akuatika yang dibangun di samping Stadion Nasional Beijing untuk Olimpiade Beijing 2008 dengan kapasitas 17.000 orang. Water Cube adalah pusat kegiatan olahraga air di Beijing juga sebagai salah satu bangunan unik yang didirikan oleh pemerintah, sebagai daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Beijing. Masyarakat biasa menyebutnya dengan istilah “Water Cube”. Dibangun di atas tanah seluas 65 ribu meter persegi oleh perusahaan arsitektur PWE asal Australia, dengan desain dari CSCEC, serta konstruksi oleh perusahaan berbasis di London, Arup. Beijing National Aquatics Center mengambil model kubus air berwarna biru. Tak jauh dari sini terdapat Stadion Nasional Beijing yang menyerupai arang burung raksasa.
Peta Lokasi View Larger Map

Selagi Anda di Beijing, kunjungi juga Pasar Xindongan dan Pasar Sutra disana juga terdapat suvenir-suvenir khas Tiongkok. Apabila Anda merasa lelah, dapat menikmati pelayanan yang nyaman dari hotel-hotel di sekitar Beijing. Hotel yang dapat Anda kunjungi antara lain Traders Hotel, Oriental Garden Hotel, atau Jinglun Hotel.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 21 Oktober 2015.
Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • bangunan menakjubkan china
  • bangunan beijing
  • Pusat Akuatika Nasional Beijing

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,