Taman tiantan, merupakan salah satu situs warisan dunia, dimana taman ini dijuluki The Temple of Heaven, karena taman ini merupakan tempat bersembahyang kepada dewa langit oleh masyarakat Cina. Taman Tiantan juga sering disebut Kuil Tiantan. Bentuk kuil ini sangat menarik, kubahnya berbentuk kerucut dengan genteng yang disusun memanjang di setiap sisinya. Komplek taman ini dijaga dan dirawat dengan baik hingga sekarang dan kini tempat ini menjadi ikon kota Beijing. Taman ini didirikan pada tahun 1420, dan sering digunakan oleh Kaisar Dinasti Ming dan Qing untuk beribadah. Mereka umumnya menyembah dewa dan dewi di kayangan untuk meminta agar hasil panen baik, agar dihindarkan dari bahaya, dan agar negeri mereka menjadi makmur.

Terdapat hiasan naga di dinding-dinding bangunan, tiang penyangga, dan atap dari bangunan ini, yang merupakan lambang khas Tionghoa. Gaya arsitek bangunan ini pun sangat enak dilihat, setiap sudut bangunannya dibuat dengan detail dan hati-hati. Halaman atau pelataran depan kuil ini terbuat dari batu yang ditata rapi, dan dipagari dengan pagar dari batu yang diukir. Pelataran bangunan ini mirip pelataran yang ada di Istana Terlarang. Dilihat dari luar, bangunan ini mirip seperti bangun kerucut, dimana berbentuk bulat dengan puncak lancip. Luas taman ini jangan di tanya, lima kali luas Istana Terlarang, waow….spektakuler.

Tak sembarangan dibangun, Kuil tersebut memiliki bangunan utama yang menghadap ke arah mata angin tertentu, menurut masyarakat Cina, arah menentukan keberuntungan. Sehingga Kaisar dulu membangunnya sangat mempertimbangkan aspek ini. tak hanya itu, menurut masyarakat Cina dulu, langit berbentuk bulat dan bumi berbentuk kotak, sehingga mereka membangun kuil tersebut berbentuk bulat. Setiap tahun juga diadakan perayaan di taman ini, perayaan tersebut biasanya berupa persembahan pada dewa langit atas berkah yang mereka peroleh.

Kini taman ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat beijing untuk jalan-jalan mengitari komplek taman, berbagai atraksi, perayaan, pesta kembang api dan lain sebagainya. Tak heran jika pemandangan ini mampu menarik wisatawan untuk menyaksikan keindahan Kuil Kayangan tersebut, desain dan detail bangunannya sungguh menakjubkan.  Taman ini buka mulai pukul 6 pagi hingga 10 malam. Harga tiket masuknya bervariasi, mulai dari 10 Yuan. Jangan lupa mampir ke taman ini jika anda sedang berwisata ke Beijing.

Cara menuju lokasi : anda dapat naik subway (kereta bawah tanan) jalur 5 lalu turun di Stasiun Tiantan Dongmen, keluar melalui pintu A. Anda juga dapat naik bus nomor 6, 34, 35, 36, 39, 41, dan 43, lalu turun di Stasiun Tiantan.

Penginapan yang berada di sekitar lokasi :  Jika anda ingin menginap di sekitar lokasi, tersedia Super 8 Hotel Beijing Tiantan Nanmen, Fu Hao Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kuil china

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,