Ox Street Mosque at0086

Ox Street Mosque at0086

Dari luar wujud masjid ini lebih mirip kuil Buddha sampai Anda masuk dan melihat nuansa Islami barulah anda akan menyadari bahwa tempat ini merupakan sebuah masjid. Masjid ini dibangun menghadap ke arah Mekkah yang terletak di arah barat. Tata letak masjid ini simetris kiri dan kanannya, serta struktur bangunannya tersusun rapat.

Ox Street Mosque merupakan masjid paling bersejarah dan megah di Tiongkok, terletak di Ox Street  Kabupaten Xuanwu. Pertama kali dibangun pada tahun 996, masjid ini memiliki sejarah lebih dari seribu tahun, di mana sepanjang waktu berjalan telah mengalami berbagai penambahan dan perluasan bangunan, dan telah menyambut berbagai umat Muslim dari seluruh dunia untuk beribadah disana.

Masjid ini lebih banyak mengadopsi pola arsitektur Tiongkok yang telah banyak menggantikan pengaruh dari budaya Islam asli. Meliputi area lebih dari 6000 meter persegi, bangunan ini secara struktural dibangun berdasarkan istana kayu tradisional Tiongkok, namun mengadopsi dekorasi Arab yang khas yaitu tidak adanya sosok manusia atau hewan di antara dekorasi, karena sosok-sosok tersebut dianggap tabu dalam Islam.

Ox Street Mosque ebeijing

Ox Street Mosque ebeijing

Gerbang masuk Qx Street Mosque berhadapan dengan tembok besar yang beralaskan marmer putih, tembok ini panjang membentang hingga 44 meter jauhnya. Serangkaian pahatan menghiasi dinding, menggambarkan kebahagiaan dan keberuntungan. Setelah melewati pintu masuk, mata akan dihadapkan dengan Watching Moon Tower, sebuah bangunan heksagonal dengan dua lantai, tingginya lebih dari 10 meter dan berada di bawah atap emas berlapis.

Menara ini digunakan oleh imam untuk mengamati posisi bulan untuk memutuskan kapan bulan puasa Ramadhan dimulai dan berakhir, yaitu kapan waktunya umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa dan kapan selesainya. Di depan menara terdapat gerbang peringatan yang melengkung dan ada sebuah dinding layar yang ditutupi dengan mural berukir. Setelahnya adalah ruang sholat utama.

Gerbang melengkung yang terdapat di ruang tersebut dihiasi dengan tulisan dari Quran dan puisi ibadah. Beberapa teks ditulis dalam huruf Arab kuno Al-Kufi, yang jarang terlihat di Tiongkok. Ruangan itu juga dihiasi dengan berbagai lukisan bunga, rangkaian manik-manik kaca dan kaca berwarna, memberikan kontribusi pada atmosfir ruangan agar terkesan penting dan suci.

Ox Street Mosque beijingtravel

Ox Street Mosque beijingtravel

Islam memiliki sejarah yang panjang di Tiongkok, awalnya diperkenalkan masuk ke Tiongkok pada masa Dinasti Tang, dan sekarang empat persen dari keseluruhan penduduk China beragama Islam. Di kota Beijing sendiri memiliki 210.000 umat Muslim. Masjid Ox Street tidak hanya menawarkan kesempatan untuk mengagumi bangunan yang benar-benar unik, tetapi juga kesempatan untuk memperluas pengetahuan mereka tentang Islam dan posisi Islam dalam sejarah budaya Tiongkok. Masjid ini tentu memiliki peringkat tinggi dalam daftar tempat wisata di Beijing.

Tips mengunjungi Masjid Ox Street: gunakanlah pakaian yang pantas. Anda tidak akan diperkenankan untuk masuk jika Anda mengenakan celana pendek atau rok, yang dapat masuk ke Aula Doa hanyalah umat Muslim saja, beberapa daerah di masjid tidak terbuka untuk umum, untuk informasi lebih lanjut tertera pada tiket yang dibeli.

Ox Street Mosque chinafrica

Ox Street Mosque chinafrica

Selagi Anda di Beijing, sempatkanlah juga untuk melihat festival-festival di China, Prince Gong Palace, dan Tembok Ajaib Echo Wall. Apabila Anda merasa lelah, dapat menikmati pelayanan yang nyaman dari hotel – hotel di sekitar Beijing. Hotel yang dapat Anda kunjungi antara lain Traders Hotel, Oriental Garden Hotel, atau Jinglun Hotel.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 13 Februari 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Masjid paling mega di cina

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,