Beijing memang kaya akan bangunan-bangunan unik yang tidak ada di negara manapun. Sebut saja Kuil Langit, Gedung Teater Nasional, Stadion Nasional Beijing, dan masih banyak lagi. Yang satu ini tak kalah unik dari bangunan-bangunan di atas. Sebuah tempat yang unik di Beijing, yang menjadi pusat kegiatan seni adalah 798 Art Zone/Space. Area ini merupakan tempat bagikomunitas seni yang ada di Beijing. Bangunan ini dinamakan 798 Art Zone karena dulunya merupakan area pabrik 798, namun sejak 50 tahun lalu pabrik ini sudah tidak aktif lagi. Masyarakat sekitar kemudian memanfaatkan bangunan tua itu sebagai tempat seni. Bangunan ini terletak di sebelah selatan jembatan Dashanziqiao, di Distrik Chaoyang. Bangunan pabrik ini bentuknya seperti pabrik-pabrik pada umumnya, hanya langit-langit bangunan berbentuk melengkung seperti setengah lingkaran.

Dulunya pabrik ini merupakan pabrik militer milik Cina dan Rusia, yang digunakan untuk membuat alat-alat elektronik, seperti alat komunikasi untuk perang, alat pelacak, dan radio. Namun karena ada suatu hal, maka Rusia tidak mau lagi bekerjasama untuk membuat alat-alat tersebut, sehingga pabrik mengalami kebangkrutan. Setelah itu bangunan ini ditinggalkan begitu saja, tanpa ada kejelasan dari kedua belah pihak. Pabrik ini berdiri di atas tanah seluas 500.000 meter persegi, dengan biaya pembangunan mencapai 140 juta Yuan.

Kini, pabrik ini tidak lagi sepi, banyak masyarakat yang datang ke area seni ini untuk menyaksikan karya-karya seni yang sering dipamerkan di sini. Bahkan sekarang area ini menjadi sasaran bagi para wisatawan. Banyak diantara mereka yang tertarik untuk melihat karya seni yang ada di sini. Diantaranya ada patung banteng yang menyeruduk manusia, patung raksasa, pameran lukisan, dan benda-benda peninggalan lainnya. Terdapat sebuah kereta uap jaman dahulu yang terletak di luar area ini. Kereta tersebut berfungsi sebagai transportasi menuju lokasi ini. Namun sekarang kereta tersebut tidak dioperasikan lagi, hanya sebagai benda yang dipajang di luar area seni ini.

Setiap tahun diadakan pula pameran-pameran seni di tempat ini, bisanya pada Maret atau Mei. Di sekitaran lokasi juga telah didirikan kafe-kafe untuk meramaikan area tersebut. Area ini telah masuk ke dalam warisan budaya di Beijing, dan dilindungi oleh pemerintah setempat sebagai tempat wisata yang mampu membawa nama Beijing. Jika anda penggemar seni, datanglah ke area ini antara bulan Maret atau Mei, karena pada bulan itu ramai diadakan pameran seni.

Cara menuju tempat ini : naik bus nomor 401, 402, 405, 418, 420, 445, 909, dan 995 turun di jembatan Dashanziqiao.

Tersedia pula penginapan bagi anda yang ingin menginap : Fairmont Beijing Hotel, dan Park Hyatt Beijing Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,