Selain kaya tempat bersejarah dan situs religi, Guangzhou juga kota yang kaya budaya. Salah satunya adalah cantonese opera yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Cantonese opera ini tidak hanya populer di Guangzhou tetapi juga Hongkong dan Makau.

Opera kanton adalah pertunjukan drama di wilayah Guangdong. Seni ini berasal dari periode Jiajing pada masa Dinasti Ming dan Qing. Pada awalnya bahasa yang digunakan para pelakon tidak memakai bahasa Kanton namun secara bertahap semuanya dinyanyikan dalam bahasa ini. Seperti halnya semua opera Cina, cantonese opera memadukan musik, nyanyian, seni bela diri, akrobat dan seni peran. Banyak perdebatan yang mengemuka tentang asal muasal opera kanton ini. Dari berbagai opini yang ada, secara umum dapat dijelaskan bahwa opera adalah kesenian yang berasal dari Cina bagian utara dan perlahan-lahan bermigrasi ke Provinsi Guandong pada abad ke-13 tepatnya saat Dinasti Song berakhir. Begitulah selintas sejarah opera kanton yang kini menjadi salah satu daya tarik wisata kota Guangzhou. Drama Cina yang termasuk dalam genre opera kanton adalah Yick Yeung Pitch dan Kwan Pitch.

Nah salah satu pertunjukkan opera yang paling menarik di Guangzhou adalah Jiangnan Theater yang berada di distrik Haizhu. Pertunjukkan di Jiangnan Theater adalah gelaran seni budaya yang sangat penting di kota ini. Dengan 907 kursi penonton, 3 ruang bioskop dalam berbagai ukuran plus tempat karaoke dan klub malam, tempat ini memeragakan Cantonese Opera setidaknya sebulan sekali. Jiangnan Theater tidak pernah sepi dari penonton, setiap pertunjukkan opera dimulai kursi-kursi yang disediakan selalu penuh penonton. Mereka tidak saja para warga lokal Guangzhou namun juga para wisatawan dari berbagai negara yang tertarik dengan seni budaya. Gedung pertunjukkan yang terletak di jalan Chang Gang Zhong ini dapat Anda capai dengan naik metro line 3. (peta lokasi
View Larger Map )

Pertunjukkan opera lainnya dapat Anda saksikan di Guangdong Cantonese Opera Theatre yang terbentuk dari paduan beberapa teater opera tua dari berbagai generasi. Hingga saat ini tidak lebih dari 400 pertunjukkan drama telah dipentaskan. Tidak hanya itu, Guandong Cantonese Opera Theatre juga sering menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti pelatihan seni, pertukaran seni dan aktivitas lainnya dalam upaya mengembangkan seni opera kanton.  Terletak di distrik Yuexiu, Anda bisa mencapai lokasinya dengan naik bus nomor 7, 11, 12, 16, 35, 36, 54, 61 atau 65.  (peta lokasi
View Larger Map)

Sembari menikmati berbagai pertunjukkan seni di Guangzhou, Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi unik lainnya seperti berbelanja barang antik di pasar Xiguan, melihat Katedral Hati Kudus atau mengunjungi kuil Six Banyan Trees yang memesona.

Selama berada di Guangzhou Anda bisa menginap di Fang Ge Hotel, Jovenstars Hotel dan Home Club Hotel Shimao Branch.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • wisata di guangzhou china
  • Opera kamton

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,