Liburan di pulau yang tenang tentu menyenangkan. Apalagi jika banyak aktivitas yang bisa kita lakukan. Jalan-jalan menikmati pesona kota misalnya. Atau ngopi di kedai sambil berbincang santai. Dapatkan semuanya di pulau Shamian, Guangzhou.

Sepenggal sejarah Cina bisa kita lihat di pulau Shamian. Shamian menjadi pulau dengan pelabuhan yang penting pada masa Dinasti Song dan Qing. Shamian juga menjadi titik pertahanan yang strategis selama perang Opium yang kedua yakni pada rentang tahun 1856 – 1860. Pada tahun 1853, wilayah ini konsensi yakni 4/5 bagiannya untuk Inggris dan 1/5 lainnya untuk Perancis. Tak heran jika sejak dulu kala infrastruktur Shamian sangat lengkap seperti jalan-jalan yang bagus, drainase dan bangunan megah yang menjadi hunian warga barat pada masa itu. Di akhir tahun 1800 sampai awal 1900an sebagian besar fasilitas umum sudah tuntas dibangun seperti sekolah, gereja serta gedung-gedung komersial seperti bank dan perusahaan. Hingga akhirnya, Shamian menjadi salah satu wilayah di Guangzhou yang kaya akan bangunan kuno. Kini sedikitnya ada 42 rumah dari total 150 bangunan peninggalan barat yang dilestarikan oleh pemerintah setempat. Alhasil bangunan gothik dan neoklasik bisa dengan mudah kita temukan. Suasana Shamian pun menjadi sangat tempo dulu.

Sejak awal tahun 2000an, Shamian menjadi sangat populer di kalangan ekspatriat. Mereka memilih Shamian sebagai tempat tinggal dan mengadopsi bayi Cina yang sudah tak memiliki orang tua. Proses pengurusan dokumen di Shamian memang cukup mudah karena terdapat kantor konsulat, termasuk konsulat Amerika Serikat yang menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan urusan tinggal dan penghuni asing di wilayah tersebut.

Oya, Shamian juga menjadi tempat yang sangat baik untuk berjalan-jalan. Anda tidak akan merasa lelah karena Shamian hanya membentang sepanjang 900 meter dari timur ke barat dan 300 meter dari selatan ke utara. Lalu lintasnya rapi dan sangat teratur. Udara pulau ini juga masih sangat bersih alias bebas dari polusi. Pedestriannya terpelihara dengan baik memanjakan para pejalan kaki. Beberapa sudut Shamian terdapat taman yang asri. Bar dan kafe berjajar rapi dan dipenuhi dengan para ekspatriat dan wisatawan yang tengah melancong. Tepian sungai Pearl juga bisa kita nikmati di sini.

Shamian yang juga dikenal dengan nama Zhongliusha ini tepatnya berada di distrik Liwan. Merupakan wilayah yang dikelilingi lautan. Sangat indah dan menjadi tujuan para wisatawan yang ingin berlibur dan mendapat ketenangan sementara waktu.

Untuk mencapai pulau Shamian, Anda bisa naik subway line 1 menuju Huangsha Station. Sesampainya disana berjalanlah menyeberang jembatan untuk sampai ke Shamian.

Selama berada Shamian, Anda bisa menginap di White Swan Hotel. Sedangkan hotel lain yang juga layak disinggahi adalah Holiday Inn Shifu Hotel dan Hilton Guangzhou Baiyun Hotel yang berada di distrik Liwan.

Destinasi wisata lain di Guangzhou yang tak kalah menarik adalah kuil Ren Wei, Bao Mo Garden dan Zhenhai Tower.

Peta lokasi

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • cara ke shamian guang zhou

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,