Guangzhou adalah salah satu kota besar di Cina sekaligus menjadi ibukota dari Propinsi Guangdong. Di kota ini perayaan tahun baru Cina atau yang kerap disebut Imlek selalu berjalan dengan meriah.

Secara umum Cina selalu merayakan tahun baru dengan sangat meriah. Pergantian tahun ini diperingati dengan menggelar festival ataupun perayaan-perayaan lain yang diisi dengan pertunjukkan tari tradisional dan musik. Festival ini biasanya dimulai sejak hari pertama bergantian tahun hingga berakhirnya bulan baru.

Di Guangzhou, Imlek biasanya diwarnai dengan kegiatan saling bertukar hadiah dan salam diantara anggota keluarga dekat dan teman-teman. Selain itu berbagai pertunjukkan budaya dan kegiatan tradisional juga digelar. Warga Guangzhou juga mempersiapkan perayaan Imlek dengan membersihkan rumah, mengenakan pakaian baru dan berbelanja. Anak-anak muda mendapat amplop berwarna merah atau yang sering disebut dengan angpau dari saudara yang lebih tua.

Dekorasi rumah warga Guangzhou umumnya didominasi dengan warna merah yang oleh budaya Cina diyakini sebagai lambang keberuntungan. Lentera merah digantung di pintu dan jendela agar membawa keberuntungan. Puisi yang  digulung dengan kertas berwarna merah digantung pada kedua sisi pintu masuk gerbang sebagai bagian dari dekorasi.

Kemeriahan Imlek di Guangzhou juga diramaikan dengan tarian barongsai. Tarian kuno bernama Yangee juga menjadi bagian istimewa dari gelaran pergantian tahun. Tarian ini mensimbolkan sebuah usaha untuk mengusir arwah lama dan menyambut datangnya arwah baru. Suasana akan semakin meriah dengan suara petasan yang memenuhi langit Guangzhou.

Oya, jangan lupa untuk mengunjungi pedestrian Shang Xia Jiu selama perayaan Imlek di Guangzhou. Pada hari-hari sebelum festival dimulai, pedestrian ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan tersibuk dan penuh dengan makanan lezat. Stok makanan diperbanyak karena penjual di pedestrian ini harus melayani penduduk Guangzhou yang bermaksud membeli makanan dalam jumlah yang besar untuk menghadapi tahun baru atau Imlek. Bermaca-macam makanan tradisional yang lezat seperti ayam rebus saus bisa Anda cicipi di Shang Xia Jiu Food Street.

Setiap tahun baru Cina, warga Cina dan termasuk Guangzhou akan membeli bunga dalam pot ataupun bunga segar untuk menghias kantor ataupun rumah. Bunga-bunga ini dipercaya akan membawa keberuntungan. Alhasil pasar kembang akan dibanjiri para pembeli, klimaksnya pada malam menjelang perayaan. Warga Guangzhou bersesakan di pasar ini untuk membeli aneka bunga seperti peoni, seruni, mawar, kaktus, narsisus dan pohon jeruk yang melambangkan rejeki. Selain bunga, pasar kembang juga menjual ikan mas koki dan berbagai macam barang untuk perayaan tahun baru. Pasar kembang pun ikut bersolek. Sudut-sudutnya dihiasi lampu warna warni untuk menambah kemeriahan. Pasar kembang ini selalu muncul setiap menjelang Imlek sejak lebih dari 200 tahun lalu.

Kunjungan Anda selama Imlek di Guangzhou bisa dipadukan dengan melihat dari dekat berbagai destinasi wisata di kota ini seperti Grand World Scenic Park, South Cina Botanical Garden dan Chimelong Resort.

Hotel atau penginapan yang bisa Anda singgahi selama liburan adalah Crowne Plaza Guangzhou Science City Hotel, Country Garden Holiday Resorts dan Baiyun Hotel

Peta lokasi Shang Xia Jiu Food Street View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,