Bukan hanya situs sejarah yang selalu identik dengan masa lampau, di Guangzhou sebuah kebun raya bahkan sudah dibangun sejak tahun 1929. Kebun Raya Cina Selatan (South Cina Botanical Garden) pun menjadi kebun raya tertua dan terbesar di Cina. Berada di 8 km utara Guangzhou , kebun raya ini menempati area seluas 741 hektar.

Kebun Raya Cina Selatan ini dikenal juga dengan nama Museum Botani Tropis dan Sub Tropis  (Tropical and Sub-tropical Botanic Museum) ini berisi bermacam-macam species tanaman. Secara umum kebun raya memiliki 3 bagian utama yakni zona pembibitan dan pameran (Nursery and Exhibition Zone), zona riset dan residensial (Research and Residential Zone) serta cagar alam.

Di dalam zona pembibitan dan pameran terdapat konservatori modern serta sebuah ruang pendidikan dan 30 kebun khusus. Kita bisa belajar banyak tentang tanaman disini. Sedangkan di zona penelitian dan residensial yang menempati area seluas 91 hektare, kita bisa melihat 1 juta spesimen tanaman plus perpustakaan dengan koleksi 200 ribu buku. Tak ketinggalan juga sebuah pusat pengembangan jaringan. Zona yang ketiga, yakni cagar alam, baru dibangun pada tahun 1956 dan menjadi cagar alam pertama di Cina. Di tempat ini, pengelola setempat mengembangkan sedikitnya 2.400 tipe tanaman.

Selain 3 zona itu, para pelancong juga bisa mengunjungi beberapa titik yang menjadi favorit wisatawan. Misalnya Long Dong Magic Forest yang terpilih menjadi salah satu dari 8 tempat indah di Guangzhou (eight top scenic spots ini Guangzhou) pada tahun 1986. Di tempat ini terdapat dua semenanjung dan satu danau buatan manusia. Yang membuat sudut ini dijuluki sebagai tempat yang indah karena pemandangan selalu berubah setiap musim berganti. Pemandangan masing-masing musimnya mempunyai pesona yang berbeda.

Selepas dari Long Dong Magic Forest, kita bisa mengunjungi Guangzhou Oldest Village. Desa ini dibangun diatas reruntuhan era Neolitik yang merupakan tempat kelahiran masyarakat Guangzhou. Di tempat ini terdapat sebuah alun-alun, reruntuhan situs sejarah, situs arkeologi, patung dan lain-lain. Pengunjung dapat membuat tembikar, bersantai di rumah pohon dan mendapatkan pengalaman hidup di jaman primitif.

Kelengkapan fasilitas dan aneka zona di kebun raya membuat tempat ini menjadi konservatorium terbesar Asia yang digunakan sebagai pusat pendidikan dan pariwisata sekaligus. Tak heran jika kebun raya menjadi jujugan para siswa untuk berlibur sekaligus belajar.  Di sekitar kawasan ini juga berdiri restoran dan wahana permainan yang pasti disukai anak-anak.

Anda bisa mengajak keluarga ataupun teman mengunjungi kebun raya sejak pukul 7.30 pagi hingga 5.30 sore dengan tiket seharga 50 CNY.

Kebun Raya Cina Selatan tepatnya terletak di Xingke Road, Distrik Tianhe. Anda bisa mencapai lokasi ini dengan naik bus nomor B12, 28, 30, 39, 84, 535 atau 534.

Selepas mengunjungi kebun raya, tidak ada salahnya jika meneruskan perjalanan wisata  di Guangzhou dengan menengok kuil Guangxiao, bermain di Chimelong Resort atau menikmati malam di tepian sungai Pearl.

Selama di Guangzhou, Anda bisa menginap di King Court Hotel, Sam Q Hotel atau Ximala Hotel Huadu Branch.

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,