­­Pusat perbelanjaan tak melulu harus ditandai dengan bangunan yang megah dan modern. Pedestrian Shangxiajiu justru cantik karena dihiasi dengan karya arsitektur tradisional kanton. Saat malam tiba, lampion dan lampu-lampu berpadu menjadi satu menggambarkan kemeriahan kawasan belanja Shangxiajiu. Pedestrian yang berada di distrik Liwan, Guangzhou ini tepatnya dimulai sejak jalan Shangxiajiu di sebelah utara dan berakhir di jalan Dishipu di sebelah barat.

Yang menjadi daya tarik utama pedestrian Shangxiajiu adalah harga barang-barang yang dijual jauh lebih murah daripada Beijing Road. Ya, kita memang harus pintar menawarnya untuk mendapatkan harga serendah-rendahnya. Kelebihan ini pulalah yang membuat, Pedestrian Shangxiajiu dipadati 600.000 ribu pengunjung setiap harinya. Semuanya memburu aneka barang berharga miring yang ditawarkan di lebih dari 250 toko yang tersebar di kedua sisi jalan sepanjang 1200 meter.

Tidak itu saja, beragam bangunan kuno yang berada di salah satu pusat komersial Guangzhou ini juga selalu menarik untuk dilihat. Kendati ribuan orang lalu lalang, namun gedung-gedung tua itu tak pernah tenggelam. Dibuka pada 30 September 1995, pemerintah setempat sadar betul tentang daya tarik ini. Sehingga selain mendapatkan barang-barang yang bagus, Pedestrian Shangxiajiu juga menyediakan berbagai jenis souvenir dengan corak kanton. Secara umum, barang-barang yang dijual di Pedestrian Shangxiajiu adalah makanan lokal, pakaian dan souvenir khas Cina.

Beberapa toko terkenal yang menjadi ikon Pedestrian Shangxiajiu adalah Yongan Departemen Store, Guangzhou Garment Store, Herring Shoes  & Hats Store serta Dalu Clock & Watch Store. Selain itu, ada beberapa restoran terkenal seperti Guangzhou Restaurant, Taotaoju Restaurant dan Wenchang Chicken.  Jalan lupa untuk mengunjungi Li Wan Plaza yang merupakan salah satu departemen store jujugan para wisatawan untuk sarapan pagi. Menu yang disukai oleh para turis adalah dimsum. Terletak di lantai 4 Li Wan Plaza, dimsum lezat ini hanya berbanderol 50 CNY untuk porsi dua orang.

Kepopuleran Pedestrian Shangxiajiu membuat sejumlah pejabat negara seperti Jiang Zemin, Li Peng, Zhu Rongji, Ye Xuanping dan Tung Chee-hwa pernah mengunjungi tempat ini.  Oya, Shangxiajiu juga merupakan pedestrian pertama yang disetujui oleh Kementrian Perdagangan Cina di Guangzhou.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa naik Metro Line 1 menuju Changshou Lu Station.

Selama berwisata belanja di pedestrian Shangxiajiu, Anda bisa menginap di Holiday Inn Shifu Hotel, Liwan Lake Garden Inn dan Guandong Victory Hotel. Semuanya berada di distrik Liwan.

Selain pedestrian Shangxiajiu, wisata belanja lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Xiguan Antique Street, Beijing Road dan World Trade Mall.

Peta lokasi

Lihat Peta Lebih Besar

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • belanja sovenir di cina
  • beli souvenir di guangzhou

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,