Sun Yat-sen adalah tokoh penting di balik modernitas dan kemajuan Cina masa kini. Dialah yang mendobrak kepemimpinan kaisar yang saat itu dianggap dewa oleh rakyatnya. Sun Yat-sen pulalah yang menggerakan 11 kali revolusi terhadap dinasti Qing hingga akhirnya Cina menjadi Republik Cina pada tahun 1911. Kini, jejak dan jasa Sun Yat-sen tetap ada disetiap sudut kota-kota di Cina, tak terkecuali di Guangzhou.

Di kota ini berdiri Sun Yat-sen Memorial Hall yang megah dengan bangunan yang berbentuk segi delapan. Tidak hanya megah, namun Sun Yat-sen Memorial Hall juga dilengkapi dengan arsitektur yang penuh nuansa Cina. Gedung untuk memperingati kontribusi dari Sun Yat-sen terhadap kehidupan demokrasi Cina ini dibangun dengan dana sumbangan orang-orang Guangzhu dan luar negeri. Kini, memorial hall itu tercatat sebagai peninggalan budaya di Provinsi Guandong.

Dirancang oleh seorang arsitek terkenal bernama Lu Yanzhi, Sun Yat-sen Memorial Hall dibangun sejak tahun 1929 dan selesai pada bulan Oktober pada tahun 1931. Pernah pada suatu masa, bangunan ini rusak parah karena kurangnya perhatian dari pemerintah dan pengelola setempat. Karena kondisi itu, akhirnya Sun Yat-sen Memorial Hall di renovasi dan bersamaan dengan perbaikan itu dibangunlah sebuah ruangan baru yakni sebuah memorial hall. Hingga akhirnya luas total bangunan plus halaman yang menghampar sekitar 62.000 meter persegi. Sedangkan bangunannya saja seluas 6.600 meter persegi.

Di depan ruang memorial hall terdapat patung Sun Yat-sen. Patung ini berdiri megah dan berhasil menggambarkan sosok pahlawan demokrasi Cina ini dengan gagah. Dibangun pada tahun 1956, patung ini terbuat dari perunggu. Patung tersebut mengingatkan pengunjung akan pengalaman dan kegigihan Sun Yat-sen pada masanya. Dari segi arsitektur, bangunan memorial hall ini sangat megah. Dari luar terlihat atapnya yang menjulang dengan bentuk segi delapan. Dinding dalamnya berwarna kuning, pilar-pilarnya berwarna biru. Di dalam memorial hall inilah kita bisa melihat gambar dan surat-surat yang ditulis oleh Sun Yat-sen.

Pilar bagian luar berwarna merah untuk memberikan aksen kemewahan dan megah. Ruangan memorial ini memang sangat indah. Tata akustiknya ditata sedemikian rupa hingga tidak pernah menimbulkan gema. Hal ini membuat Sun Yat-sen Memorial Hall adalah karya arsitektur yang terkenal di seantero Cina. Ya, berkunjung ke Sun Yat-sen Memorial Hall ini akan menyegarkan kembali pikiran kita setelah penat berlibur di tengah kesibukan kota Guangzhou.

Anda bisa mengunjungi tempat ini sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore dengan tiket masuk seharga 5 CNY.

Untuk mencapai lokasi Sun Yat-sen Memorial Hall, Anda bisa naik bus nomor 27, 133, 185, 204, 209, 224, 229, 261, 276, 283, 284, 289 atau 293 menuju Sun Yat-sen Memorial Hall Station.

Objek wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi selama di Guangzhou adalah kuil Six Banyan Trees, kuil Dewa Nanhai dan Bao Mo Garden.

Selama liburan Anda  bisa menginap di Tianyu Hotel, Guangzhou Hotel atau Hotel Landmark Canton.

Peta lokasi

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tokoh dibalik kemajuan kota di china

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,