Museum kini sudah menjelma sebagai bagian dari kehidupan kaum urban. Ia tak lagi identik dengan hal-hal yang berbau kuno. Lihatlah Guangdong Provincial Museum. Gedungnya dibangun dengan desain futuristik. Modernitas dan nilai-nilai sejarah inilah yang berpadu dengan apiknya menarik perhatian pengunjung.

Bangunan tampilan baru ini dibangun pada akhir tahun 1992 dengan fasilitas yang modern. Luas bangunannya 13.200 meter persegi dengan luas ruang pameran seluruhnya 6000 meter persegi. Dengan tampilan baru Guangdong Provincial Museum yang sudah dibuka sejak tahun 1959 ini ingin menampilkan sejarah, seni dan alam sebagai aspek utama museum. Tak heran jika, Guangdong Provincial Museum menjadi salah satu landmark terkenal di Guangzhou dan memperkuat posisi kota ini sebagai kota metropolis yang modern.

Guandong Provincial Museum terletak di jalan Wenming tepatnya berada di sudut jalan Yuexiu, Guangzhou. Berdiri di tanah seluas 29.000 meter persegi, ada 13 ruang pameran dan 1 aula besar. Di dalam museum ini juga terdapat aula yang dikenal dengan nama Lu Xun Meorial Hall. Ruangan ini berisi benda-benda yang berkaitan dengan Lu Xun dan beberapa intelektual lain yang mempengaruhi modernisasi dan secara tidak langsung mempersiapkan revolusi Cina.

Memasuki satu per satu ruang pameran, Anda akan melihat 166.000 peninggalan berharga termasuk 10.000 buku dan bahan referensi. Koleksi dari museum ini masih terpelihara dengan baik hingga masih bisa kita lihat secara utuh hingga sekarang. Koleksi museum didominasi barang-barang seperti keramik, lukisan, ukiran emas, kaligrafi yang menunjukkan bagaimana kehidupan masyarakat Cina, khususnya Guangzhou pada masa lalu. Ada juga spesimen binatang purba seperti kerangka paus yang ditemukan di negara lain.

Lukisan paling terkenal yang menjadi penghuni Guangdong Provincial Museum adalah lukisan karya Chen Rong yang berjudul “Black Dragon Handscroll”. Lukisan ini menggabungkan dua potongan sutra tipis yang berwarna indah dan mengkilap. Ada juga porselen biru yang menampilkan sosok manusia dari Dinasti Yuan. Porselen jenis ini sekarang sudah sangat langka dan beberapa diantaranya berada di luar negeri menjadi koleksi para kolektor benda antik.

Memasuki museum ini Anda tidak akan dikenai tarif masuk, namun pengunjung diwajibkan untuk membuat kartu identitas di kantor yang berada di sisi selatan ruang utama. Museum dibuka untuk umum sejak pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa naik bus nomor 886, 886A atau 293 menuju Xiancun Lu Nan Station. Sesampainya disana, berjalanlah sejauh 200 meter menuju museum.

Destinasi wisata lainnya di Guangzhou adalah Katedral Hati Kudus, Kuil Ren Wei atau taman Yu Yin Shan Fang.

Hotel atau penginapan yang bisa Anda singgahi selama liburan adalah East Asia Hotel, Imperial Traders Hotel dan Ramada Pearl Hotel.

Peta lokasi

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • sejarah guangzhou
  • Barang-barang sejarah yang terdapat di musium guangzhou
  • budaya di guangzhou
  • cara ke guangdong provincial museum

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,