Museum adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi saat berwisata ke sebuah negara. Di Guangzhou, museum yang wajib Anda tengok adalah Sanyuanli-British Invasion Museum. Di tempat inilah tergambar bagaimana perjuangan masyarakat Sanyuli melawan invasi Inggris selama Perang Opium. Perang Opium atau disebut juga dengan Perang Anglo-Cina berlangsung dari tahun 1839-1842 dan 1856 – 1860 sebagai klimaks dari sengketa perdagangan antara Cina dibawah dinasti Qing dengan Britania Raya.

Sanyuanli Anti-British Invasion Museum berada di kuil Sanyuan yang merupakan sebuah kuil Tao dengan dua halaman dan lorong untuk menyembah Kaisar Utara (North Kaisar). Museum ini menampilkan sejarah perlawanan rakyat Sanyuli melawan Inggris. Ruang pameran museum dipenuhi dengan koleksi bendera bintang tiga, senjata, terompet, poster, pisau, seragam tentara dan perlengkapan lain yang digunakan dalam perjuangan anti-Inggris. Museum ini juga dilengkapi dengan gambar bergerak (motion picture) yang menunjukkan adegan petani lokal yang memegang bendera bintang tiga di depan patung Kaisar Utara sebelum melakukan peperangan dengan Inggris.

Ya, museum ini memang menyimpan sejarah perlawanan rakyat Sanyuli selama Perang Opium. Pada saat itu mereka mengadakan unjuk rasa anti Inggris di depan kuil. Kejadian ini lantas memicu adanya perlawanan spontan oleh warga sipil yang berhasil melawan invasi asing dalam sejarah awal modern Cina. Akibatnya, kuil kuno Sanyuan pun menjadi situs yang sangat bersejarah. Setelah perang berlalu, pemerintah Guangzhou melakukan renovasi pada kuil Sanyuan. Akhirnya pada tahun 1961, kuil ini menjadi situs nasional Cina yang dilindungi dan diubah namanya menjadi Sanyuanli Anti-British Invasion Museum.

Sebagai salah satu museum yang menggambarkan bagaimana perjuangan rakyat Sanyuli, menjadi Sanyuanli Anti-British Invasion Museum bagaikan monumen sejarah yang selalu dikenang. Sebagaimana bangsa yang besar selalu mengingat jasa pahlawannya, museum ini pun menjadi sarana pembelajaran sejarah bagi masyarakat khususnya pelajar di Cina.

Anda bisa mengunjungi museum ini sejak pukul 9 pagi hingga 12 siang dan kembali beroperasi pada pukul 1.30 siang hingga 5 sore. Pengelola setempat tidak mematok harga tiket masuk kepada setiap pengunjung alias gratis.

Untuk mencapai lokasi museum yang berada di desa Sanyuanli Selatan, Jalan Guangyuan Barat ini, Anda bisa menumpang bus nomor 2, 21, 87, 101, 103, 105, 108, 111, 113, 185, 187, 278, 519, 528, 555, 556, 803 atau 840 menuju Sanyuanli Station.

Destinasi wisata lain di Guangzhou adalah Bao Mo Garden, Zhenhai Tower dan Sanyuan Palace.

Selama di berlibur di kota ini Anda bisa menginap di Hengda Hotel, Crowne Plaza Guangzhou Huadu Hotel dan Motel 168 – Guangzhou Dadao Branch.

Peta lokasi

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,