Kebesaran sebuah negara bisa dilihat dari peradaban yang sedang dibangunnya. Makau yang merupakan bagian dari China berusaha menampilkan hal itu kepada para wisatawan dari mancanegara. Di kota ini  terdapat Macau Maritime Museum yang mengeksplorasi sejarah industri maritim di Makau, Cina dan Portugal.

Menempati area seluas 800 meter persegi atau sekitar 0,2 hektar, Macau Maritime Museum dibangun di situs dimana kelompok penjelajah Portugis untuk pertama kalinya mendarat di Makau pada tahun 1553. Pada tahun 1990 museum ini diperluas dengan mengikuti layout museum khas gaya Eropa. Bangunan utama museum adalah bangunan tiga lantai putih dengan arsitektur mengikuti bentuk perahu dengan layar terkembang. Kaca jendela yang besar dibuat seakan-akan seperti menara observasi perahu. Dari kejauhan bangunan museum tampak seperti perahu megah di sebuah pelabuhan yang tenang.

Macau Maritim Museum, dibagi menjadi lima bagian. Pameran di lantai pertama menggambarkan tradisi dan teknik para nelayan di Makau, seperti display kostum, teknik memancing dan model perahu nelayan. Di lantai dua, ruang pameran memuat koleksi tentang sejarah eksplorasi Portugis dan penemuan geografis. Di lantai paling atas gedung ini memamerkan teknologi kemaritiman, transportasi serta navigasi. Yang diperlihatkan dalam ruangan ini termasuk Guia Lighthouse yang merupakan menara mercusuar pertama di China.

Anda juga bisa melihat Aquarium Gallery yang mempunyai 4 aquarium besar. Setiap aquarium dikhususkan untuk tema yang berbeda. Yang pertama menyajikan air tawar dasar sungai, kemudian air pelabuhan, dan terumbu karang. Tangki yang terakhir menampilkan adegan sebuah perahu yang tenggelam di laut dalam. Yang menarik dari museum ini tidak hanya apa yang bisa kita lihat di dalam gedung namun juga yang ada di luar. Di halaman luar museum kita bisa melihat pemandangan sungai dan pelabuhan yang sibuk serta tersedia kapal yang bisa Anda sewa untuk berlayar ke laut. Bagi yang ingin memiliki sovenir yang berhubungan museum ini, Anda bisa membelinya di gift shop yang terletak di pintu masuk museum.

Jika tertarik mengunjungi museum ini pada hari Minggu, pengunjung yang berumur 10-17 tahun harus membayar tiket seharga 3 MOP, sedangkan yang berumur 18-65 tahun seharga 5 MOP. Di hari lainnya tiket untuk kelompok umur yang sama berubah menjadi 5 MOP dan 10 MOP. Sedangkan untuk anak dibawah umur 10 tahun dan lansia boleh memasuki museum ini secara gratis. Anda bisa mengunjungi Macau Maritime Museum setiap hari kecuali Selasa sejak pukul 10 pagi hingga 6 sore waktu setempat. Untuk mencapai museum yang terletak di Largo do Pagode da Barra ini, Anda bisa naik bus nomor 2, 5, 7, 9, 10, 10A, 18, 28B dan turun di A-Ma Temple. Karena dekat dengan A-ma Temple, sebaiknya Anda juga sempatkan untuk menengok situs sejarah agama Buddha di Makau. Beberapa destinasi wisata edukasi selain Macau Maritime Museum adalah  Museum de Macau, Grand Prix and Wine Museum serta Macao Science Center. Selama berada di Makau Anda bisa menginap di Sintra Hotel, Casa Real Hotel dan Golden Dragon Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,