Kendati hanya sebagai daerah administratif khusus dari China sejak 1999, bukan berarti Makau tak punya sejarah. Kawasan ini bahkan mengabadikan perjalanan sejarahnya di Museum de Macau yang terletak di Monte Fort dan menghadap ke Ruins of St. Pauls’s Church. Museum ini dibangun oleh para Yesuit pada abad ke-17 dan dibuka pada tanggal 18 April 1998. Museum yang mempunyai tiga lantai ini bisa Anda masuki dari Ruins of St. Paul Church.

Karakter arsitektur dari museum ini dipertahankan dan dilestarikan hingga masih sama seperti pada saat bertama kali didirikan. Museum ini merupakan ruang dedikasi untuk sejarah dan budaya Makau yang menyimpan sejumlah besar benda-benda yang bernilai sejarah dan budaya dan menunjukkan bagaimana cara hidup masyarakat kota ini selama berabad-abad. Lantai pertama museum ini menampilkan sejarah Makau yakni cara kebudayaan Eropa dan China bersatu, agama dan budaya dua peradaban. Lantai kedua menampilkan koleksi-koleksi yang menggambarkan tradisi dan seni populer Makau serta upacara keagamaan serta festival tradisional. Di lantai tiga kita bisa melihat aspek-aspek kehidupan Makau kontemporer yaitu menunjukkan Makau masa kini, termasuk karakteristik dari kehidupan kota. Anda tidak hanya bisa melihat koleksi museum di Museum de Macau namun juga 5 bangunan lain yang berdiri di kawasan museum ini yakni Mount Fortress Garden, Mount Fortress Gallery, Museum Shop, cafe dan South Gate Snack Bar.

Mount Fortress Garden dibangun pada 1617 dan selesai pada 1626. Benteng ini terletak di tengah-tengah semenanjung Makau yang terdiri atas sebuah bukit sertinggi 52 meter dari permukaan laut dan berdekatan dengan Universitas St. Paulus. Mount Fortress Garden ini menawarkan pemandangan dan panorama lanskap semenanjung yang indah. Menempati  sekitar 8000 meter persegi, benteng didirikan dalam bentuk trapesium dengan panjang sisi rata-rata sekitar 100 meter. Sepanjang empat abad sejarahnya, benteng ini terus menerus mengalami renovasi namun dengan tetap mempertahankan keaslian situs. Kebersihan benteng juga diperhatikan seperti membersihkan gulma, akar tanaman dan memperbaiki retakan dinding. Selain Mount Fortress Garden, ada bangunan bersejarah lainnya yakni Mount Fortress Gallery. Galeri ini pada awalnya merupakan gudang bawah tanah untuk menyimpan amunisi. Dibangun dari granit dengan struktur yang sangat padat. Kini bangunan tersebut berfungsi sebagai galeri untuk Museum de Macau .

Selain bisa melihat museum dan isinya, Anda juga bisa membeli beberapa sovenir disini. Musum Shop menjual berbagai buku, lukisan dan cinderamata yang diproduksi oleh Museum de Macau. Disini Anda bisa memperoleh buku-buku sejarah, seni, budaya, berbagai perangko dan benda-benda menarik lainnya. Puas berjalan-jalan mengelilingi museum, pastikan Anda juga mampir ke cafe yang menyajikan kopi berkualitas tinggi dan berbagai kudapan ala barat. Pengunjung cafe ini juga dapat melihat matahari terbenam yang mempesona di balik gunung. Jika belum puas, Anda bisa melengkapi wisata ini dengan mengunjungi The South Gate Snack Bar yang terletak di gerbang selatan Mount Fortress Garden.

Museum de Macau tutup pada hari Senin sedangkan pada hari lainnya buka sejak pukul 10 pagi hingga 6 sore. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus merogoh kocek MOP 15 untuk dewasa, MOP 8 untuk anak-anak umur 5-10 tahun dan gratis untuk anak-anak dibawah 5 tahun. Untuk para pelajar, Museum de Macau bisa dikunjungi secara gratis pada hari Minggu. Untuk mencapai tempat ini, Anda terlebih dahulu datanglah ke Ruins of St. Paul karena pintu masuk Museum de Macao melalui gereja ini. Caranya, dari Senado Square, berjalanlah terus ke dalam mengikuti keramaian hingga jalanan menanjak. Selain Museum de Macau, jangan lupa mengunjungi juga Kuil A-Ma yang juga menyimpan sejarah tentang Makau. Beberapa hotel yang bisa Anda singgahi selama liburan di Makau adalah Metopark Hotel, Grand Lapa Macau (A Mandarin Oriental Hotel) atau Presidente Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,