Mengalahkan destinasi populer lainnya, Lou Kao Mansion adalah destinasi dengan pemegang rekor tertinggi kunjungan wisatawan setiap harinya untuk katagori tempat bersejarah di Makau. Lou Kao Mansion adalah contoh warisan arsitektur yang hingga kini masih berdiri dan terawat dengan baik.

Lou Kao Mansion terletak di Travessa da Se Street, berdekatan dengan katedral adalah sebuah rumah mewah milik keluarga kaya raya Lou Wa Sio. Mansion ini dibangun pada tahun ke-15 pemerintahaan Guang Xu, Dinasti Qing pda tahun 1889. Fakta ini tertulis pada prasasati di sebelah kiri pintu masuk. Rumah dua lantai ini dibangun menggunakan bata abu-abu dengan hiasan relief batu bata, ukiran dekoratif dan ornamen plester. Furniture yang digunakan keluarga ini di masa lalu hingga sekarang masih tertata rapi. Kursi-kursi dan mejanya berbahan kayu dengan sentuhan khas Cina. Lukisan-lukisan khas Cina juga tergantung di beberapa sudut rumah ini. Yang paling artistik adalah ornamen jendelanya yang membangun suasana tertentu. Apalagi jika cahaya matahari menerobos melalui sela-sela ukiran, refleksi sinarnya begitu indah.

Rumah ini terdiri dari 3 ruangan yakni entrance hall, tea hall dan senior hall. Susunan ruang ini menunjukkan struktur hirarkis keluarga Cina terutama dari kalangan kaya. Semakin intim atau dekat hubungan kekeluargaannya, semakin mudah seseorang untuk masuk ke ruang-ruang yang privat atau ruang yang dihuni hanya untuk keluarga yang sudah dewasa atau tua. Secara umum arsitekturnya mulai dari pagar besi hingga strukturnya merupakan perpaduan antara desain China dan Barat. Elemen-elemen desain yang ada di langit-langit rumah menunjukkan gaya neo-klasik yang biasa digunakan di beberapa gereja Makau. Jadilah Lou Kou Mansion merupakan rumah konvensional terbaik yang diawetkan di Makau.

Rumah mewah pada jamannya ini sejak tahun 1992 masuk menjadi warisan dunia versi UNESCO. Seperti halnya, situs kuno, rumah ini pun mengalami beberapa kali perbaikan. Setelah tiga tahun renovasi, pada bulan Juli 2002 mansion ini dibuka untuk umum. Uniknya bangunan mansion kuno ini membuat pemerintah setempat menggunakan tempat ini untuk venue pertunjukan seni selama gelaran Macao Art Festival.

Mansion ini bisa Anda kunjungi setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu pukul 9 pagi hingga 6 sore. Jika Anda penggemar bangunan kuno, destinasi lain di Makau yang wajib Anda datangi adalah Taipa Houses Museum, Mandarin House dan Sun Yat-Sen Memorial House. Beberapa hotel yang bisa Anda singgahi selama liburan di Makau adalah Holiday Inn Hotel, Beverly  Plaza Hotel dan Riviera Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,