Holy House of Mercy didirikan oleh uskup pertama dari Makau yakni D. Belchior Carneiro pada tahun 1569. Holy House of Mercy sekaligus menjadi lembaga amal paling menonjol dan tertua di Portugal. Badan amal ini pulalah yang mendirikan klinik bergaya barat pertama di Makau. Salah satu peran utamanya di Makau adalah untuk memberikan santunan kepada anak yatim dan janda pelaut. Janda para pelaut ini mendapat perhatian utama karena terkait erat dengan profil Makau dalam konteks maritim regional dan perdagangan internasional.

Gedung Holy House of Mercy berada di Senado Square yang menjadi destinasi wisata terkemuka di Makau. Fasad depannya menampilkan gedung yang bergaya klasik dengan bentuk jendela dan pintu yang berbentuk setengah bundar di bagian atasnya. Bagian tengah bangunan dibentuk agak menonjol dan menjadi pusat perhatian utama gedung ini. Bagian tengah ini diisi dengan 3 kolom pintu dan 3 kolom jendela, sedangkan di bagian kanan-kirinya masing-masing terdapat 2 kolom pintu dan jendela. Bagian paling atas dari gedung Holy House of Mercy berbentuk segitiga dengan ukiran dekoratif berwarna hijau. Seluruh bangunan dicat putih memancarkan keanggunan, kesederhanaan dan ketenangan. Gedung bergaya neoklasik ini merupakan salah satu landmark Senado Square yang sangat mudah dikenali.

Dalam sejarahnya, Holy House of Mercy secara langsung maupun tidak langsung kerap terlibat dalam perubahan penting kota ini. Bahkan tidak terbatas pada bantuan medis dan sosial saja namun juga keuangan. Sebagai salah satu lembaga yang sangat penting dari komunitas Portugis di Makau, sebagian besar anggota lembaga ini adalah penganut Roma-Katholik dan warga lokal keturunan Portugis. Mereka juga mendirikan The Holy House of Mercy Museum yang dibuka pada tahun 2001. Museum ini mengoleksi beberapa peninggalan berharga Katolik Macau. Beberapa bagian dari museum ini dipenuhi dengan bermacam porselen dari Cina, Jepang dan Eropa. Keramik-keramik itu menunjukkan peran para jesuit dalam benturan budaya timur dan barat. Selain itu kita bisa melihat tengkorak D. Belchior Carneiro dan salib, lukisan tokoh ini dan sebuah lonceng perunggu dari St. Raphael Hospital, salah satu rumah sakit yang didirikan oleh Carneiro pada abad ke-16. Berbagai koleksi yang dipamerkan museum ini membuat gedung Holy House of Mercy menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi para pelancong setiap harinya. Untuk mencapai Senado Square Anda cukup naik bus nomor 3, 3A, 4, 8A, 10, 10A, 11, 18, 19, 21A, 26A, dan 33.

Selain gedung ini, Anda bisa melihat bangunan kuno lainnya di Makau seperti Dom Pedro V Theatre, Moorish Barracks dan kawasan kuliner Rua da Felicadade.  Beberapa hotel yang bisa Anda singgahi selama berlibur di Makau adalah Casa Real Hotel, Golden Dragon Hotel dan Hotel Guia.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,