Tidak banyak perpustakaan yang ditata dengan gaya artistik, kebanyakan interiornya justru membosankan. Namun hal yang berbeda dengan Sir Robert Ho Tung Library ini, interior dan eksterior indah sehingga pengunjungpun tidak merasa bosan.

Gedung ini dibangun sebelum tahun 1894 dan menjadi kediaman Dona Carolina Cunha. Seorang pengusaha dari Hongkong, Sir Robert Ho Tung membelinya pada tahun 1918. Ia meninggal pada tahun 1955 dan sesuai dengan wasiatnya, rumah ini diserahkan kepada pemerintah Makau untuk menjadi perpustakaan umum.

Bangunan perpustakaan ini adalah sebuah rumah dengan gaya khas Makau dengan bangunan tiga lantainya. Ia berdiri ditengah taman yang asri. Fasadnya cukup unik karena berbentuk melengkung. Pagar utamanya lurus dengan pintu utama rumah ini. Interiornya dipengaruh gaya tradisional Cina, sedangkan lanskap tamannya meniru gaya barat. Beberapa tumbuhan yang menjadi penghuni taman ini adalah jenis botani langka. Perpustakaan Sir Robert Ho Tung sempat mengalami renovasi dan pembangunan unit baru yang terdiri dari 4 lantai dan terletak di samping bangunan yang lama pada tahun 2005. Peletakan ini bertujuan agar setiap bangunan mendapatkan sinar alami matahari secara maksimal. Perpustakaan memang membutuhkan banyak cahaya dan udara segar untuk menjaga berbagai dokumen agar tetap awet. Walau memang membutuhkan pemeliharaan yang ekstra, namun setidaknya dengan sirkulasi udara yang maksimal aneka koleksi dapat lebih awet.

Bangunan lama berisi buku-buku kuno yang diterbitkan saat dinasti Ming dan Qing berkuasa plus sebuah galeri pameran. Total seluruh bangunan menempati areal 30.000 meter persegi dan dapat menampung 400 orang sekaligus. Fakta ini membuat perpustakaan Sir Robert Ho Tung Library menjadi perpustakaan paling besar di Makau.

Perpustakaan Sir Robert Ho Tung memungkinkan pengunjungnya untuk makan dan saling ngobrol di sebuah area khusus. Kita juga bisa mendengarkan musik dan menonton film di AV room. Pada perayaan ulang tahun ke-140 memperingati hari kelahiran Dr. Sun Yat Sen, perpustakaan ini mengadakan pameran yang menampilkan publikasi dan bibliografi berharga dari tokoh demokrasi Cina tersebut.

Perpustakaan Sir Robert Ho Tung sekarang menjadi sub unit dari Makau Central Library. Pada tahun 2005, Sir Robert Ho Tung Library termasuk kedalam daftar situs warisan dunia versi UNESCO.  Situs sejarah lainnya yang juga diakui UNESCO adalah Gereja St. Antony, Gereja St. Augustine dan Holy House of Mercy. Selama liburan di Makau, Anda bisa menginap di hotel yang nyaman di seputaran Makau seperti Presidente Hotel, Royal Hotel dan Sintra Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,