Satu lagi tempat ibadah di Makau yang juga menjadi destinasi wisata para pelancong. Tam Kung Temple namanya. Kuil ini dibangun pada tahun 1862 sebagai bentuk dedikasi mereka pada dewa pelaut bernama Tam Kung.

Tam Kung atau Tam Tai Sin adalah dewa laut yang disembah di Hongkong dan Macau. Dalam legenda rakyat Cina, Tam Kung adalah salah satu dewa yang bisa meramalkan cuaca dan menenangkan badai dengan melemparkan kacang ke udara. Ia juga disebut dapat menyembuhkan penyakit pasien di usia yang masih sangat belia. Konon, Tam Kung menjadi abadi di surga pada usia dua puluh. Dia juga diberi kehormatan dalam Dinasti Qing. Oleh warga setempat, Tam Kung dipanggil untuk perlindungan, keberuntungan kehidupan, keselamatan dan hal-hal baik untuk kehidupan mendatang. Di Hongkong, hari ulang tahun Tam Kung yakni pada hari ke-8 bulan 4 kalender Cina diperingati dengan upacara khusus termasuk parade dan tarian naga yang bertujuan untuk menghormatinya.

 Kuil ini dibangun dengan arsitektur yang indah. Bagian atasnya terdapat hiasan porselen yang memperlambangkan penghormatan kepada Tam Kung. Bangunan kuil didominasi warna merah yang sangat dominan sejak kita melihat fasad bagian depannya. Terdapat banyak patung dewa Tam Kung di kuil ini. Selain itu didalam kuil terdapat miniatur perahu naga yang seluruh bahannya berasal dari tulang ikan paus. Kapal ini tampak dilengkapi dengan para pelaut yang terbuat dari kayu dengan jubah merah dan topi kuning. Hal ini melambangkan awal perjalanan mereka ke laut Cina Selatan. Interior kuil Tam Kung, khususnya di tempat berdoanya dihiasi dengan berbagai ornamen. Hal ini mungkin yang membuat para peziarah beribadah lebih khusyuk dan nyaman.

 Di bagian depan kuil, ada beberapa pot bunga yang turut memperindah kawasan ini. Kendati tidak terlalu banyak, namun tanaman-tanaman ini mampu menetralisir warna merah dengan warna hijau dedaunan. Kuil ini terletak di jantung pulau Coloane, Makau tepatnya di Rua de Cinco Outubro. Beberapa tempat ibadah lainnya yang juga menjadi destinasi wisata di Makau adalah Gereja St. Antony, Gereja St. Augustine dan Kuil Sam Kai Vui Kun. Jangan lupa selama liburan di Makau sebaiknya memilih hotel atau penginapan yang nyaman untuk Anda singgahi seperti Grand Lapa Macau, Presidente Hotel atau Royal Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,