Tahukah Anda, sutradara film Jurassic Park, Munich 1978 dan War of The World ini pernah menggarap filmnya di kota Shanghai ?

Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg. Empire of The Sun bersetting di Cina daratan, ketika perang dunia kedua hampir berakhir. Sebuah keluarga ekpatriat dari Inggris bersama ratusan keluarga lainnya terjebak dalam perang di Cina. Saat itu Jepang tengah jaya-jayanya di Asia. Saat tentara Jepang menginvasi Cina, warga asing ditawan, sebagian melarikan diri melalui pelabuhan. Bagi yang tidak beruntung, para ekspatriat tersebut akan menjalani masa-masa sulit di kamp bikinan Jepang. Anda bisa membayangkan ketika para ekpatriat yang kaya raya tersebut, harus makan kacang hijau dan bubur yang sudah basi hanya untuk menyambung hidup?

Seorang anak laki-laki kecil dari keluarga ekspatriat, James (Christian Bale) terpisah dari keuarganya ketika tentara Jepang masuk ke Cina. Ia adalah seorang anak kecil yang memiliki cita-cita menguasai angkasa alias menjadi pilot pesawat tempur. Dia menjadi tawanan di Longhua Civilian Assembly Center, sebuah kamp tentara Jepang, selama Perang Dunia II. Film ini menceritakan bagaimana James berusaha bertahan hidup ditengah konflik yang sedang bergejolak tersebut.

Salah satu adegan yang paling berkesan menunjukkan menara berujung runcing St Ignatius Cathedral di Xujiahui, dan ada juga beberapa gambar yang baik dari Longhua Temple pagoda. St Ignatius Cathedral dibangun pada tahun 1904, bangunan ini terbuat dari batu bata, memiliki atap yang berwarna ungu, merupakan gereja yang terkenal di Cina. Gereja ini juga sering disebut St. Mary Mother of God. Bagian paling memukau di gereja ini adalah altarnya yang sangat luas dan mampu menampung 3000 jemaat. Gereja yang berlokasi di Xujiahui ini menjadi pusat keagamaan Katolik di Shanghai. Gereja ini pernah hancur ketika Revolusi Budaya yang terjadi di Cina, tetapi segera dibangun kembali. Saat ini, Xujiahui St Ignatius Cathedral menjadi situs sejarah dan budaya yang dilindungi pemerintah.

Sedangkan Longhua Temple adalah sebuah kuil tua terletak di Longhua Road, Xuhui sisi selatan pusat kota Shanghai, tepatnya di sebelah selatan Shanghai Stadium. Kuil ini pertama kali dibangun pada 242 M di kala pemerintahan The Three Kingdom, Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai yang sejarahnya mencapai lebih dari 1.700 tahun. Sempat mengalami kehancuran berkali – kali akibat peperangan, sebagian besar bangunan kompleks Longhua Temple direkonstruksi pada masa pemerintahan Kaisar Tongzhi dan Kaisar Guangxu pada Dinasti Qing. Longhua Temple merupakan kuil terluas di Shanghai dengan menempati lahan lima hektar yang tiap bangunannya dapat menghabiskan 5.000 m². Sepanjang 194 meter dapat Anda jumpai Maitreya Hall, Devajara Hall, Mahavira Hall, Three Sages Hall, Abbot’s Hall dan Sutras Keeping Hall (Cangjinglou). Di dalam Cangjinglou terjaga tiga harta kuil, termasuk kain sutra Dazang, berbagai jenis peti emas, dan patung – patung Budha. Ruangan di kiri kanan kuil adalah Bell Tower dan Drum Tower, keduanya dilengkapi dengan jendela heksagonal yang sama dan atap melengkung. Seluruh area kuil ini dibangun dengan sangat menganut pada gaya tradisional Budha, dan hal ini sesuai dengan konsep keindahan daklam budaya Cina. Pada area kuil ini juga terdapat Longhua Park, Longhua Pagoda, serta acara Evening Bell – Striking Ceremony.

Selain Empire of The Sun, film yang mengambil lokasi di Shanghai, antara lain Skyfall, Looper dan Mission Imposible. Bagi Anda yang ingin mengunjungi lokasi syuting Empire of The Sun yang di Xujiahui dan Xuhui, dapat menginap di hotel H Hotel, Changhang Hotel atau Regal Shanghai East Asia Hotel.

Lokasi St Ignatius Cathedral View Larger Map

Lokasi Longhua Temple View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • sinopsis empire of the sun
  • content
  • penjelasan longhua shanghai
  • resensi film empire of the sun
  • review film empire of the sun

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,