Setelah sukses digelar di Melbourne Australia dan Malaysia, kini giliran Cina yang menjadi ajang Formula 1. Acaranya diselenggarakan pada 12 – 14 April di Shanghai International Circuit, dengan jadwal sebagai berikut :

Jadwal F1 GP Shanghai

Waktu

Event

12-Apr-13

10:00 – 11:30 Latihan 1
14:00 – 15:30 Latihan 2

13-Apr-13

11:00 – 12:00 Latihan 3
14:00 – Selesai Kualifikasi

14-Apr-13

15:00 – Selesai Race

Harga tiket sesuai lokasi duduk dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Sirkuit Internasional Shanghai adalah sirkuit balap F1, A1 Grand Prix, dan Moto GP yang terletak di Jiading, Shanghai. Sirkuit ini pertama kali dibuka pada tahun 2004 dengan menggelar Grand Prix Cina. Panjang sirkuit ini mencapai 5.451 km. Pada awalnya balapan GP China merupakan balapan akhir musim dalam kalender F1, namun sejak musim 2009 Cina digeser menjadi balapan awal musim karena cuaca di sirkuit Shanghai kerap kali dilanda hujan di bulan Oktober. Michael Schumacher menjadi pemegang rekor tercepat balapan di Sirkuit Internasional Shanghai dengan catatan waktu 1:32.238 atau 212,75 km/jam.

Formula Satu, disingkat F1 atau bernama lengkap The FIA Formula One World Championship adalah balapan mobil formula level tertinggi. Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum. Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk pabrikan mobil.

Eropa adalah pusat tradisi Formula Satu dan tetap menjadi pusatnya hingga sekarang. Sekarang ini Grand Prix telah diadakan di seluruh penjuru dunia, dengan seri balapan baru di Bahrain, Cina, Malaysia dan Turki. Formula Satu adalah balap mobil termahal baik dalam segi produksi maupun olahraganya.

Aturan mainnya diatur oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA), yang bermarkas di Place de la Concorde, Paris. Presidennya yang sekarang adalah Jean Todt dan secara umum disponsori dan diatur oleh pemegang hak komersial resmi Bernie Ecclestone melalui berbagai perusahaan.

Pada seri balapan terakhir di Malaysia, Sebastian Vettel dari tim Red Bull Raccing-Renault keluar sebagai juara. Seminggu sebelumnya di F1 GP Australia, pemenangnya adalah Kimi Raikkonen dari tim Lotus-Renault. Anda pasti penasaran siapa yang menempati podium 1 di Shanghai, maka acara ini tidak boleh terlewatkan. Bagi yang ingin mengunjungi Sirkuit Internasional Shanghai dapat menggunakan metro line jalur 11 menuju Shanghai Circuit Station. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa stasiun ini tidak didesain untuk menampung banyaknya wisatawan yang ingin menyaksikan F1, bahkan tahun kemarin Shanghai Circuit Station ini tutup. Jika hal tersebut terjadi lagi, datanglah ke Jiading New Town dulu lalu berjalan selama 25 menit menuju sirkuit. Jika Anda membawa mobil pribadi, siapkanlah uang untuk tiket parkir di sirkuit F1 seharga 20 RMB per jam.

Selama di Shanghai, Anda juga dapat mengunjungi The Bund, Jin Mao Tower dan Nanjing Road. Untuk kebutuhan hotel di sekitar Sirkuit Internasional Shanghai, Anda dapat memilih Courtyard by Marriott Shanghai Jiading, Blue Palace Hotel atau Great Tang Hotel.

Lokasi Sirkuit Internasional Shanghai View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,