Photo from www.nextstepconnections.com

Photo from www.nextstepconnections.com

Dari sungai ini Anda bisa melihat pemandangan kota terbaik di Shanghai, mau ?

Huangpu River adalah salah satu sungai terindah di Shanghai, Cina. Sungai yang memiliki panjang 113 kilometer ini merupakan kreasi Kaisar Chunshen, pemimpin yang berkuasa selama periode 475 – 221 SM.

Selain indah, Huangpu River adalah sungai terlebar di Shanghai. Saking lebarnya, Sungai Huangpu sampai membagi kota menjadi dua daerah, yakni Pudong di bagian timur dan Puxi di sisi barat. For your info, dalam bahasa Mandarin, “dong” berarti timur, dan “xi” artinya barat.

Suzhou Creek adalah anak sungai utama dari Huangpu River. Suzhou Creek memiliki lebar sekitar 125 kilometer dan panjangnya sekitar 51 kilometer. Aliran sungai yang melintasi Shanghai sepanjang 24 km. Sungai ini melewati bagian-bagian yang sangat urban dari Shanghai, termasuk Putuo, Changning, Zhabei, Jing’an, Hongkou dan Distrik Huangpu.

sungai huangpu Suzhou Creek telah lama menjadi jalur air alami yang paling tercemar di Shanghai. Flashback ke tahun 1920-an ketika itu terdapat data yang mengungkapkan bahwa pencemaran dimulai pada sungai ini. Berkat proyek pengolahan limbah untuk Sungai Huangpu dan Suzhou Creek, yang dimulai pada pertengahan 1980-an dan juga rehabilitasi lingkungan yang luas, Suzhou Creek menjadi lebih bersih dan lebih indah hingga sekarang.

Di sepanjang bantaran sungai terdapat 28 rumah mewah yang dilindungi oleh pemerintah setempat. Selain itu terdapat pula 37 apartemen dan gudang – gudang yang dilindungi sebagai situs budaya dan sejarah kota. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah ruang memorial, situs bersejarah dan peninggalan telah dibangun, direkonstruksi atau direnovasi. Terdapat 40 toko klasik berumur ratusan tahun dan 10 hotel tua telah direhabilitasi. Saat ini Suzhou Creek dipandang sebagai Soho-nya Shanghai sebagai kawasan wisata baru yang mempesona.

Lebarnya sungai tentu bukan menjadi halangan bagi pemerintah Shanghai, mereka membuat jembatan – jembatan yang sangat bagus. Salah satu jembatan yang tidak boleh Anda lewatkan ketika di Huangpu River ialah Lupu Bridge.

Jembatan yang juga disebut warga lokal sebagai Lupu Da Qiau tersebut memiliki panjang 8,7 kilometer. Jembatan ini dirancang oleh Shanghai Municipal Engineering Design Institute, yang kemudian dibangun oleh pemerintah daerah antara tahun 2000 dan 2003. Lupu Bridge disebut – sebut sebagai jembatan dengan 100 % konstruksi dari besi baja terpanjang pertama di dunia yang dibangun dengan bentuk menyerupai busur. Desain jembatan berbentuk busur ini menggambarkan pelangi yang melintasi Sungai Huangpu, apalagi jika ke jembatan ini pada malam hari, hiasan lampu warna – warni akan membuat Anda terpukau.

Photo from fineartamerica.com

Photo from fineartamerica.com

Belum lagi keindahan kota di tiap sisi Huangpu River yang luar biasa indah. Anda bisa melihat gemerlapnya The Bund dan menikmati nightlife berkelas di kawasan elit Lujiazui.

Banyak transportasi melewati daerah yang dilalui Sungai Huangpu, satu diantaranya adalah akses ke Jing’an, yakni dengan Subway Line 2 dan Subway Line 7, kemudian turun di Jing’An Temple Station, lalu keluar dari Exit 1. Selain menggunakan subway, Anda juga bisa memilih bus. Nomor 15, 20, 40, 45, 57, 71, 76, 93, 94, 113, 138, 925, dan 939.

Selagi Anda di Shanghai, sempatkanlah juga untuk mengunjungi Shanghai Botanical Garden, The Bund dan Shanghai Ocean Aquarium. Untuk hotel – hotel yang dapat Anda temui di kawasan ini antara lain Holiday Inn Express Putuo Hotel, Rendezvous Merry Hotel Shanghai atau Shanghai Xindongfang Hotel.

Lokasi Huangpu River View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 8 Mei 2014 .

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kota2 yang dilewati jembatan shanghai

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,