Zhapu Lu, sebuah kawasan kota tua Shanghai yang terletak di 471 Zhapu Road, Hongkou. Lokasi ini pernah menjadi tempat syuting film “The Post-Modern Life of My Aunt”. Zhapu Lu berada di utara Bund, sangat dekat tepi pantai, dan secara umum adalah salah satu tempat favorit wisatawan lokal maupun mancanegara untuk pergi untuk berjalan-jalan di Shanghai. Berjalan di jalanan ini dapat membuat Anda kelaparan, tetapi di tempat ini ada banyak restoran besar, mal yang menarik, bangunan bersejarah, taman dan sebagainya. Zhapu Lu adalah sebuah jalan yang penuh penjual makanan.

Di daerah ini ada juga beberapa panti pijat ilegal, umumnya tempat tersebut memiliki lampu neon pink dan sekelompok perempuan muda berada di dalamnya. Hal semacam ini tidak jarang Anda temui di Shanghai, tapi Anda patut waspada terhadap penipuan dan pemerasan jika mengambil resiko masuk ke tempat tersebut.

Ketika berjalan di Zhapu Lu, Anda akan melihat bangunan – bangunan berarsitektur shikumen. Makna dari shikumen yaitu tipologi perumahan kota yang berkembang di Shanghai sekitar tahun 1850 hingga 1950. Tipe perumahan ini terbentuk selama periode urbanisasi dan westernisasi meningkat, maka tak heran bentuk dari bangunannya seperti rumah petak di Inggris bercampur dengan rumah tradisional Cina. Bangunan ini terbuat dari batu bata, Anda mungkin akan sedikit merasa sesak, sebab bangunan shikumen di Zhapu Lu ini seperti mengurung pejalan kaki di labirin – labirin sempit.

Sudut paling terkenal di tempat ini adalah perbatasan antara Zhapu Lu dan Haining Lu, bukan hanya karena merupakan kawasan yang kental aroma pecinan, melainkan juga karena di sudut ini terdapat bekas gedung bioskop Ramos Hongkew yang dibangun tahun 1908. Ramos Hongkew Theater merupakan salah satu gedung bioskop tertua di Shanghai yang dikelola seniman asal Spanyol bernama Antonio Ramos. Dengan lampu – lampu berkilauan, gang-gang sempit, dan bau tajam alkoho, Zhapu Lu sudah terlihat seperti sebuah film gangster “hidup” dari era 1930-an. Saya pikir kekacauan dan gaya hidup di Zhapu Lu pada malam hari adalah esensi dari Shanghai, kata Maria Barbieri dari Klub Film Internasional Shanghai.

Untuk transportasi menuju Zhapu Lu, Anda dapat menggunakan Subway Line 3 dan Line 4 yang melewati Hongkou District. Selain mengunjungi Zhapu Lu yang kental aroma gangster, Anda dapat juga menyambangi Shanghai Old Street, Former Residence of Sun Yat Sen dan People’s Square. sedangkan untuk kebutuhan hotel di Hongkou ini, Anda dapat memilih Shanghai Lansheng Hotel, Grand Mercure Baolong Hotel Shanghai atau Guangdong Hotel.

Lokasi Zhapu Lu View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,