Paspor biasa terbagi atas paspor elektronik dan non elektronik, keduanya diterbitkan dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian. Masa berlaku paspor biasa paling lama lima tahun sejak tanggal diterbitkan. Sedangkan bagi anak berkewarganegaraan ganda masa berlaku paspornya tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk memilih kewarganegaraannya, batas usia anak ditentukan sesuai peraturan perundang – undangan.

Biaya pembuatan paspor dapat dilihat pada tabel berikut :

Biaya Pembuatan Paspor

Jenis

Harga (Rp)

Paspor biasa 48 halaman

200.000

Paspor biasa elektronis (e-passport) 48 halaman

600.000

Paspor biasa 24 halaman

50.000

Paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman

350.000

Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak dan masih berlaku yang disebabkan karena kelalaian

100.000

Paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman pengganti yang hilang/rusak dan masih berlaku yang disebabkan karena kelalaian

400.000

Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak dan masih berlaku yang disebabkan karena kelalaian

400.000

Paspor biasa elektronis (e-passport) 48 halaman pengganti yang hilang/rusak dan masih berlaku yang disebabkan karena kelalaian

800.000

Jasa Penggunaan Teknologi Sistem Penerbitan Pasporberbasis Biometrik

55.000

Ketentuan umum untuk mendapat paspor biasa bagi calon TKI antara lain :

  1. Bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia diterbitkan paspor biasa 24 (dua puluh empat) halaman atau 48 (empat puluh delapan) halaman.
  2. Permohonan paspor biasa bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia dapat diajukan secara elektronik atau non-elektronik.
  3. Permohonan paspor biasa bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia diajukan kepada Kepala Kantor Imigrasi yang masih berada dalam provinsi yang sama dengan domisili yang bersangkutan.
  4. Pengajuan permohonan paspor biasa bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia dapat dilakukan secara perorangan atau kolektif melalui perusahaan pengerah tenaga kerja Indonesia.

Syarat yang harus dipenuhi calon TKI untuk mendapatkan paspor resmi adalah :

  1. Pengajuan permohonan paspor biasa bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia dilampiri dengan :
  1. Kartu tanda penduduk;
  2. Kartu keluarga;
  3. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, surat baptis, atau ijazah;
  4. Surat rekomendasi permohonan paspor calon tenaga kerja Indonesia yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja provinsi atau kabupaten/kota; dan
  5. Paspor lama, bagi yang telah memiliki paspor.

Dalam hal dilakukan penggantian paspor, permohonan dilampiri dengan :

.         Kartu tanda penduduk;

  1. Kartu keluarga;
  2. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, surat baptis, atau ijazah;
  3. Surat rekomendasi permohonan paspor calon tenaga kerja Indonesia yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja provinsi atau kabupaten/kota; dan
  4. Paspor lama.

Bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia yang mengajukan permohonan penggantian paspor hilang yang telah habis masa berlakunya selain memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam point 2 diatas, juga dikenakan persyaratan tambahan berupa surat kehilangan dari kantor Kepolisian Republik Indonesia.

Terhadap permohonan penggantian paspor hilang yang telah habis masa berlakunya dilakukan proses pemeriksaan dalam berita acara pemeriksaan dan dapat diberikan penggantian paspor atas persetujuan Kepala Kantor Imigrasi.

Dalam hal permohonan penggantian paspor hilang yang masih berlaku, dilakukan proses pemeriksaan dalam berita acara pemeriksaan dan dikirimkan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia u.p. Kepala Divisi Keimigrasian untuk mendapatkan persetujuan penggantian paspor.

Cek juga prosedur membuat paspor biasa, syarat pembuatan paspor biasa dan prosedur pembuatan pasporbagi calon jemaah haji. Setibanya di Shanghai, Anda dapat menginap di hotel – hotel berkualitas tinggi seperti Argyle International Airport Hotel Hongqiao, Radiance Hotel at Hongqiao Airport atau Dijon Hotel Hongqiao Airport.

Lokasi Direktorat Jenderal Imigrasi View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,