Sup ini terbuat dari darah ayam atau bebek yang disembelih hingga kehabisan darah. Berani coba ?

China adalah salah satu negara yang terkenal dengan kulinernya yang super enak, super banyak dan super aneh. Karena banyaknya, kuliner aneh yang terkesan menjijikkan pun menghiasi negara tirai bambu ini.

Di Shanghai, menyajikan sup darah ayam ataupun sup darah bebek adalah hal yang biasa. Makanan ini menjadi salah satu menu shi liao atau makanan yang digunakan sebagai obat penyembuhan. Masyarakat China percaya jika meminum darah ayam atau darah bebek dapat menambah darah. Rasa sup ini memang agak aneh dan tak biasa, namun tetap memberikan sensasi segar dan lembut dilidah.  Di restoran Fu Chun, semangkuk sup darah ayam/bebek ini dihargai sekitar Rp. 4.500.

Sup atau sop adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. Bahan yang terdiri dari daging, sayur atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun yang lalu. Tapi sup yang satu ini berbeda, karena kuahnya terbuat dari darah itik atau angsa yang disembelih hingga kehabisan darah.

Bahan utama dari sup ini adalah darah ayam atau itik dengan dicampur beberapa sayuran dan bahan lain. Apabila dimasukkan ke dalam mangkuk, sup ini akan beku seperti agar – agar atau jeli. Selain di Cina, sup darah ayam atau itik ini juga populer di Vietnam dan sebagian daerah di Thailand. Olahan makanan ini dipercaya warga setempat mampu mengobati penyakit darah tinggi.

Selama di Shanghai Anda juga dapat mencicipi kuliner ekstrim lainnya seperti berbagai olahan makanan berbahan baku lebah madu. Lebah madu adalah makanan tradisional dari propinsi Yunnan.  Masyarakat mencarinya hingga ke gunung di malam hari untuk mendapatkan sarangnya. Olahannya yang paling disuka adalah lebah madu yang digoreng dalam minyak panas dan hanya dibumbui oleh garam dan lada. Walaupun hanya diberi bumbu sederhana, namun rasa lebah madu goreng ini lezat, karena ada rasa manis gurih yang  alami.

Bersumber dari berbagai publikasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, darah ayam mengandung energi sebesar 77 kilokalori, protein 13,8 gram, karbohidrat 0,7 gram, lemak 1,9 gram, kalsium 15 miligram, fosfor 9 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam darah ayam juga terkandung vitamin A sebanyak 50 IU, vitamin B1 0,02 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram darah ayam, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Darah merupakan tempat yang baik untuk bakteri tumbuh subur. Milyaran bakteri bisa tumbuh dengan mudah dalam darah. Dan ternyata darah yang mengalami proses direbus tidak bisa membunuh semua bakteri yang ada didalamnya. Yang pasti jika mengkonsumsi bisa menimbulkan orang sakit karena darah mengandung racun hasil metabolisme bakteri.

Namun, banyak darah yang digunakan manusia untuk campuran makanan. Misalnya darah sapi untuk masakan gulai daging dengan kuah dari darah. Ada juga darah kobra, oleh sebagian orang digunakan untuk meningkatkan vitalitas tubuh dengan mengkonsumsinya secara langsung dengan tambahan madu, meskipun khasiatnya belum dibuktikan secara ilmiah.

Selain sup darah ayam, makanan aneh lainnya yang terdapat di Shanghai adalah lebah madu dan kembang tahu. Bagi Anda yang beragama Islam adapula restoran halal di Shanghai yang dapat dikunjungi. Hotel di daerah Fu Chun Distrik Huangpu adalah New Harbour Service Apartments, Hotel Yun’s Paradise atau New Century Service Apartment South Bund.

Lokasi Fu Chun View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • makanan yang terbuat dari darah
  • makanan terbuat dari darah
  • makanan dari darah
  • makanan berbahan darah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,