Xiao Long Bao adalah semacam pangsit kukus yang ada kuah di dalamnya.

Makanan ini punya cara pengolahan yang unik. Kuah sup dibekukan, dipotong-potong dalam bentuk kotak kecil, dimasukkan bersama daging olahan atau apa pun yang ingin dimasukkan di dalam kulit.
Selanjutnya, adonan itu dikukus dalam rantang bambu (krakat bambu) khusus pada suhu tinggi. Dengan cara ini, Xiao Long Bao terasa sangat nikmat dimakan selagi panas. Penyajiannya pun langsung dihidangkan pada krakat bambu tersebut dengan dilengkapi cuka hitam dan irisan jahe. Sensasi kenikmatan ada pada gigitan pertama, terasa kehangatan kuah sup yang sudah mencair di dalam pangsit.

Sebenarnya, Xiao Long Bao ini sudah enak dimakan tanpa apa pun, tapi akan terasa nikmat jika di celupkan ke dalam cuka hitam dan irisan jahe. Berikut adalah cara dan etika makan Xiao Long Bao :

1. Saat krakat bambu dibuka, angkat pelan2 Xiao Long Bao menggunakan sumpit dari bagian atasnya, tepat di bawah kuncup. Hati – hati, karena jika terlalu cepat, kulit Xiao Long Bao bisa robek karena masih menempel di kain alas dan kuah sup yang ada di dalam Xiao Long Bao bisa tumpah.

2. Campur jahe dan cuka hitam terlebih dulu. Kemudian, letakkan jahe di bagian atas Xiao Long Bao dan celup Xiao Long Bao dalam cuka hitam.

3. Letakkan Xiao Long Bao di sendok bubur dan gigit sedikit kulit Xiao Long Bao sehingga kuah akan otomatis tumpah di sendok.

4. Segera seruput sup itu dan gigit sedikit demi sedikit isi di dalamnya bersama dengan jahe yang terletak di bagian atas.

5. Jika cuka hitam dan jahe terasa kurang, celupkan dan tambah lagi jahenya.

Pada awalnya, Xiao Long Bao hanya berisi daging babi dan kulitnya pun berwarna putih. Namun sekarang bisa dinikmati dengan berbagai isi seperti ayam giling, ikan laut atau daging merah dengan warna yang beragam.

Salah satu restoran di Shanghai yang menyediakan menu Xia Long Bao adalah Nanxiang Mantou. Tempat makan ini terletak di Distrik Huangpu. Nanxiang Mantou buka setiap hari dari pukul 07:30 – 21:00. Di restoran ini Anda mungkin akan mengantri bersama pengunjung lainnya, tetapi jika Anda tidak ingin ikut dalam antrian, langsung saja menuju lantai atas, di sini menyediakan menu Xia Long Bao yang lebih presticious bagi wisatawan mancanegara.

Transportasi yang dapat Anda gunakan untuk menuju Nanxiang Mantou adalah metro line bus jalur 5 turun di Yu Garden Station lalu berjalan selama 4 menit menuju restoran.

Selama Anda di Shanghai juga dapat mencicipi olahan lebah madu, masakan ekstrim sup darah ayam dan bagi wisatawan beragama Islam bisa mengunjungi restoran halal di Shanghai. Hotel di Huangpu yang dapat Anda pilih adalah Marvel Hotel, Magnificent International Hotel atau New Harbour Service Apartments.

Lokasi Nanxiang Mantou View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,