Kembang tahu di Shanghai berbeda dengan yang terdapat di Indonesia, di Negeri Tirai Bambu ini kembang tahu dicampur dengan air gula, sedangkan di Indonesia diolah bersama air gula jahe atau yang biasa disebut sirop jahe.

Salah satu restoran di Shanghai yang menyajikan kembang tahu adalah Xinjishi atau Jesse Restaurant, lokasinya di 41 Tian Ping Road, Distrik Xuhui. Transportasi yang dapat Anda gunakan untuk menuju tempat makan ini adalah dengan metro line jalur 1 turun di Jiaotong University lalu berjalan selama 5 menit menuju Jesse. Resto ini buka setiap hari dari pukul 11:00 – 16:00, tutup sebentar kemudian buka lagi dari 17:30 hingga jam 12 malam.

Makanan lezat di Shanghai ini berbahan dasar tahu. Tahu sendiri adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasi. Tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau dan bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu/doufu) yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”. Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti yang tersohor di Cina ini.

Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tofu. Tofu lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Tofu dan tahu dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.

Di Indonesia pembuatan kembang tahu masih dilakukan secara tradisional. Bahan utamanya adalah kedelai dan air yang kemudian dibuat susu kedelai. Setelah proses tersebut barulah dilakukan pembuatan lapisan tipis yang diperoleh dari permukaan susu kedelai yang dipanaskan. Sehingga kembang tahu ini sebenarnya berupa lembaran tipis protein kedelai yang telah dikeringkan.

Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Tahu ini dikenal sebagai tahu takua. Tempat lain yang juga terasosiasi dengan tahu adalah Sumedang (tahu Sumedang). Aneka makanan yang melibatkan tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu campur, tahu guling, tahu isi (tahu bunting), perkedel tahu dan kerupuk tahu. Tahu goreng biasanya dihidangkan untuk menemani makanan berkuah cair seperti mie bakso dan soto atau batagor. Siomay, salah satu bentuk dimsum juga menggunakan tahu kukus sebagai komponennya.

Kembang tahu memiliki kadar protein yang tinggi. Banyak terdapat rumah sakit dan klinik kesehatan memanfaatkannya untuk pemulihkan kesehatan pasien. Olahan makanan ini juga dianjurkan bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi. Khasiat lainnya adalah sebagai perangsang keluarnya ASI, maka kembang tahu sangat baik bagi ibu hamil dan baru melahirkan.

Selain kembang tahu, selama Anda di Shanghai juga dapat mencicipi olahan lebah madu, masakan ekstrim sup darah ayam dan bagi wisatawan beragama Islam bisa mengunjungi restoran halal di Shanghai. Hotel di Xuhui yang dapat Anda pilih adalah Asset Hotel, Tianlin Business Hotel atau H Hotel.

Lokasi Xinjishi Restaurant View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • olahan kembang tahu
  • makanan korea kembang tahu

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4