Tahukah Anda ajaran Confucianisme ? Jawabannya ada di kuil ini.

Confucianisme awalnya adalah sebuah filosofi yang dianut oleh beberapa orang di kerajaan Cina pada jaman dulu. Karena berdampak positif pada rakyat, maka pihak kerajaan semakin menaruh perhatian pada ajaran ini. Hingga pada akhirnya banyak penduduk Cina yang menganut Confucianisme.  Salah satu jejak sejarah mengenai Confucianisme yang masih bisa kita lihat adalah Shanghai Confucius Temple.

Shanghai Confucius Temple terletak di Wenmiao Road No. 215, Huang Pu Qu, Shanghai. Confucius Temple merupakan satu – satunya komplek arsitektural kuno penganut Confucianisme di pusat kota. Kuil ini dibangun antara tahun 1368 dan 1398 untuk mengenang seseorang bernama Confucius (551 – 479 SM). Ia adalah seorang pengajar dan penemu Confucianisme di Cina. Hingga kini ajaran Confucianisme masih dipelajari di sekolah – sekolah.

Shanghai Confucius Temple merupakan satu dari empat kuil kuno yang berada di Cina, kuil ini terkenal dengan sebutan “Rumah Seni Ukiran Batu”. Di dalamnya terdapat 28 bangunan kuno yang terbuat dari ukiran batu, termasuk bangunan Zunjing Pagoda, Dacheng Hall dan Minlun Hall.

Kuil di distrik Huang Pu ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah Jiexiao Hall, Minglun Hall dan kolam Panchi, ketiganya terawat dengan baik. Di atas kolam Panchi dapat Anda jumpai sebuah jembatan yang berbentuk naga dan singa. Bagian kedua adalah Kuiwen Tower, berupa menara tempat penyimpanan buku – buku peninggalan kerajaan. Terdapat pula Zunjing Tower yang di dalamnya terdapat benda – benda suci yang tertata rapi. Bagian ketiga terletak di tengah komplek kuil Confucius. Di dalamnya terdapat Dacheng Gate, Dacheng Hall, lonceng dan menara bedug.

Dancheng Hall adalah ruangan utama yang berfungsi sebagai tempat pemujaan Conficius. Pada bagian timur Dancheng terdapat lonceng besar dengan berat 1,5 ton bernama Dacheng Bell yang dibuat dengan teknik tinggi. Jika melihat Dacheng Bell, Anda akan menjumpai suatu pola ukiran berbentuk naga dari jaman 770 – 476 SM pada bagian atas dan empat naga mengelilingi mutiara pada bagian tepi bawah lonceng. Selain itu terdapat pula relief yang menggambarkan perjalanan Confucius sedang menyebarkan ajarannya. Pada bagian luar, tepat di depan Dacheng Hall dapat Anda jumpai patung perunggu Confucius yang sedang memegang pedang. Ketika memasuki bagian dalam Dacheng Hall, Anda akan melihat patung emas Confucius yang sedang duduk di tengah ruangan ditemani dua muridnya yakni Yan Hui dan Zeng Shen. Pada sisi timur dan barat tembok terdapat 16.400 karakter Confusianisme yang terbuat dari batu ukir, hal inilah yang membuat Shanghai Confucius Temple berbeda dari kuil Confucius lainnya di Cina.

Sebagai upaya untuk mempertahankan tradisi, pengelola Shanghai Confucius Temple membangun tempat percetakan dan toko buku. Bangunannya menyerupai perpustakaan Dinasti Ming dan Qing (1368 – 1644). Berbagai macam buku berkualitas dapat Anda beli di toko ini adalah komik, novel dan majalah dari jaman dulu hingga sekarang.

Ketika malam tahun baru, terdapat kegiatan yang sangat menarik di Shanghai Confucius Temple. Acara menyambut tahun barunya antara lain adalah membunyikan lonceng untuk kesejahteraan dan keberhasilan di tahun mendatang. Pada lokasi Sky and Cloud Reflection Ponds, Anda dapat turut serta dalam acara pelepasan kura – kura dan ikan. Setelah itu dengan membawa lilin, Anda dan pengunjung kuil lainnya dapat berdoa dan meminta keberkahan di tahun baru.

Tiket masuk ke Shanghai Confucius Temple relatif murah yaitu seharga 10 CNY. Kuil ini buka dari pukul 09:00 – 16:30. Alat transportasi yang dapat Anda gunakan untuk menuju kuil Confucius adalah dengan bus nomor 24, 451, 715, 775 dan 789 turun di Laoximen Station. Opsi lain yakni dengan naik bus nomor 66 dan 929 turun di South Henan Road Confucius Temple Station lalu berjalan beberapa menit menuju kuil.

Selama di Shanghai, Anda juga dapat mengunjungi Xin Tian Di, Yuyuan Garden dan 1933. Untuk keperluan tempat penginapan di Huang Pu, Anda dapat memilih Rayfont Nanpu Hotel & Apartment, New Harbour Service Apartments atau Hotel Yun’s Paradise.

Lokasi Shanghai Confucius Temple View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,