Pernahkah Anda mendengar lonceng yang tertiup angin di kantor, atau di rumah teman ? Pastinya merdu. Nah, lalu bagaimana dengan ratusan lonceng ? Langsung cek kemerduannya di Longhua Temple Shanghai..

Sebuah kuil tua terletak di Longhua Road sisi selatan pusat kota Shanghai, tepatnya di sebelah selatan Shanghai Stadium. Kuil ini pertama kali dibangun pada 242 M di kala pemerintahan The Three Kingdom, Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai yang sejarahnya mencapai lebih dari 1.700 tahun. Sempat mengalami kehancuran berkali – kali akibat peperangan, sebagian besar bangunan kompleks Longhua Temple direkonstruksi pada masa pemerintahan Kaisar Tongzhi dan Kaisar Guangxu pada Dinasti Qing. Longhua Temple merupakan kuil terluas di Shanghai dengan menempati lahan lima hektar yang tiap bangunannya dapat menghabiskan 5.000 m². Sepanjang 194 meter dapat Anda jumpai Maitreya Hall, Devajara Hall, Mahavira Hall, Three Sages Hall, Abbot’s Hall dan Sutras Keeping Hall (Cangjinglou). Di dalam Cangjinglou terjaga tiga harta kuil, termasuk kain sutra Dazang, berbagai jenis peti emas, dan patung – patung Budha. Ruangan di kiri kanan kuil adalah Bell Tower dan Drum Tower, keduanya dilengkapi dengan jendela heksagonal yang sama dan atap melengkung. Seluruh area kuil ini dibangun dengan sangat menganut pada gaya tradisional Budha, dan hal ini sesuai dengan konsep keindahan daklam budaya Cina. Pada area kuil ini juga terdapat Longhua Park, Longhua Pagoda, serta acara Evening Bell – Striking Ceremony.

The Evening Bell – Striking Ceremony dilaksanakan pada 31 Desember menyambut pergantian tahun, merupakan salah satu atraksi yang tidak boleh terlewatkan ketika berada di Shanghai. Acara ini menampilkan semua lonceng yang terdapat di Longhua Temple. Lonceng – lonceng tersebut dibunyikan secara berirama, menghasilkan melodi yang enak didengar dan menenteramkan jiwa bagi siapa saja yang mendengarnya. Salah satu lonceng di sini memiliki berat lima ton, dan ditempatkan di Bell Tower lantai tiga.

Selain terdapat The Evening Ball – Striking Ceremony, di kuil ini juga dapat Anda temui Longhua Pagoda. Di dalam bangunan ini juga terdapat banyak sekali lonceng, jadi apabila mengunjungi Longhua Pagoda, Anda akan disambut oleh suara merdu dari lonceng – lonceng yang tertiup angin. Pagoda ini memiliki ketinggian lebih dari 40 meter dan memiliki 7 lantai, Longhua Pagoda dibangun dengan konstruksi dinding dari batu bata dan anak tangga dari kayu. Meski sempat mengalami renovasi beberapa kali, bangunan pagoda yang dapat disaksikan saat ini adalah hasil dari pembangunan pada masa pemerintahan Dinasti Song.

Tips untuk Anda, kunjungilah kuil ini di akhir musim semi, karena pada kala ini, buah persik di Longhua Park sedang ranum dan senantiasa menunjukkan pesonanya. Atau Anda juga dapat datang ke Longhua Temple pada 3 Maret, karena pada tanggal ini diselenggarakan Temple Fair, sehingga Anda dapat merasakan hiruk pikuknya kuil yang bisanya tenang ini menjadi ramai dipadati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tiket masuk Longhua Temple sebesar 10 CNY. Jam operasional tempat ini adalah dari 07:00 hingga 16:30. Transportasi yang dapat Anda gunakan untuk menuju tempat ini adalah bus nomor 41, 44, 733, 734, 864, 809 dan 933, kemudian turun di halte Longhua station. Atau Anda ingin menggunakan subway, dapat menggunakan Subway Line 3, lalu turun di Longcao Road Station, keluar dari Exit 1 dan berjalan kaki ke arah timur sekitar 15 menit.

Lupu Bridge, Jin Mao Tower dan Shanghai Happy Valley adalah objek wisata lain yang dapat Anda kunjungi selagi di Shanghai. Tak perlu khawatir dengan urusan hotel, karena di sekitar Longhua Temple terdapat Tianlin Business Hotel, Regal Shanghai East Asia Hotel atau Anting Villa Hotel.

Lokasi Longhua Temple View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,