Xiao Long Bao

Xiao Long Bao rhysford

Xiao Long Bao yaitu semacam pangsit kuah kukus dan merupakan makanan favorit orang Tionghoa yang berasal dari Shanghai. Makanan ini punya cara pengolahan yang sebenarnya sederhana. Kuah sup dibekukan, dipotong-potong dalam bentuk kotak kecil, lalu dimasukkan bersama daging olahan. Selanjutnya, adonan itu dikukus dalam rantang bambu khusus pada suhu tinggi. Dengan cara ini, Xiao Long Bao terasa sangat nikmat dimakan selagi panas. Pada gigitan pertama itulah akan terasa kehangatan kuah sup yang sudah mencair di dalam pangsit.

Sebagai bagian dari makanan ringan, Xiao Long Bao terlihat unik karena penyajiannya yang menggunakan rantang bambu. Cara memakannya pun memberi pengalaman tersendiri. Pangsit kukus ini sudah enak dimakan tanpa apa pun, tetapi jika ingin lebih enak, Anda bisa menambahkan cuka hitam dan irisan jahe.

Xiao Long Bao

Xiao Long Bao farm6

Cara benar melahap Xiao Long Bao: makanan ini tidak bisa langsung dilahap dengan tangan, karena dijamin akan membuat jari dan lidah Anda langsung melepuh. Kuah yang ada di dalam pangsit pun bisa tumpah ke baju. Di bawah ini adalah kiat khusus menikmati Xiao Long Bao dengan nyaman:

  1. Saat rantang bambu dibuka, angkat perlahan-lahan Xiao Long Bao dari bagian atasnya, tepat di bawah kuncup. Jika terlalu cepat, kulit Xiao Long Bao yang rapuh bisa terkoyak karena masih menempel di kain alas dan kuah sup yang ada di dalam Xiao Long Bao akan tumpah.
  2. Campur jahe dan cuka hitam terlebih dahulu. Kemudian, letakkan jahe di bagian atas Xiao Long Bao dan rendam sejenak Xiao Long Bao di atas cuka hitam.
  3. Letakkan Xiao Long Bao di sendok bubur dan gigit sedikit kulit Xiao Long Bao sehingga kuah akan otomatis tumpah di sendok.
  4. Segera seruput sup itu dan gigit sedikit demi sedikit isi di dalamnya bersama dengan jahe yang terletak di bagian atas.
  5. Jika cuka hitam dan jahe terasa kurang, celupkan dan tambah lagi jahenya. Pada awalnya, Xiao Long Bao hanya berisikan daging babi dan kulitnya pun berwarna putih. Namun sekarang makanan bisa dinikmati dengan berbagai isi seperti ayam giling, campuran berbagai ikan laut, atau daging merah. Kulit Xiao Long Bao pun sekarang tampil berwarna-warni. Satu set rantang bambu berisi 10 Xiao Long Bao harganya sekitar Rp 140 ribu. Sedangkan satu set krakat isi delapan Xiao Long Bao aneka warna, harganya sekitar Rp 120 ribu.
Xiao Long Bao

Xiao Long Bao sixthseal

Selagi Anda di Tiongkok, sempatkanlah juga untuk mengunjungi Huangpu River sungai terlebar di Shanghai, Shanghai Botanical Garden atau Yuyuan Garden. Apabila Anda merasa lelah, dapat menikmati pelayanan yang nyaman dari hotel – hotel di sekitar taman ini. Hotel yang dapat Anda kunjungi antara lain Manhattan Bund Business Hotel, Tianlin Business Hotel atau Jin Jiang Tower Hotel

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 10 Januari 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,