Pernahkah melihat kapal perang yang gagah? Pernahkah terbersit keinginan untuk menaikinya? Semua impian Anda akan terwujud dengan mengunjungi Minsk World yang merupakan theme park militer pertama di Asia.

Asal usul keberadaan kapal induk ini cukup panjang. Dibuat pada tahun 1972 Minsk menjadi bagian dari armada kelautan Soviet 6 tahun kemudian.  Kejayaan lantas sirna karena kecelakaan besar yang mengakibatkan kerusakan serius. Pada tahun 1995, Minsk pun dilego kepada seorang pengusaha Korea. Selanjutnya, oleh pengusahan tersebut Minsk dijual kembali ke sebuah perusahaan Cina, Shenzhen Minsk Aircraft Carrier Industry Co. Ltd. Hingga pada tahun 2006, perusahaan ini bangkrut dan Minsk menjadi bagian dari theme park yang ada di Kabupaten Shatojiao. Kapal ini lantas disiapkan untuk dilelang pada 22 Maret 2006. Proses lelang tidak menghasilkan apa-apa karena tak ada satupun yang menawar dari harga awal yakni 128 juta RMB. Barulah pada tanggal 31 Mei 2006, sebuah perusahaan di Shenzhen, CITIC Shenzhen yang mempu membeli. Kini CITIC Shenzhen inilah yang menjadi pengelola Minsk World Theme Park.

Mengapung di pantai Sha Tau Kok, Shenzhen, Cina, theme park ini dibuka pada 10 Mei 2000 dan  menjadi jujugan para wisatawan utamanya para penyuka pernak-pernik militer. Ia tidak hanya sebagai taman hiburan tetapi juga pusat pendidikan ilmiah populer serta pertahanan nasional. Awalnya, Minsk World hanya memiliki satu bagian yang bisa dikunjungi yakni carrier aircraft minsk. Kini taman diperluas sehingga Minsk World dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah carrier aircraft (laut) dan square (darat). Dua bagian ini dihubungkan dengan sebuah jembatan militer sepanjang 90 meter.

Apa saja yang bisa Anda lihat disini? Banyak.  Di area seluas 30.000 meter persegi ini, Anda bisa melihat dari dekat pesawat tempur MiG-23 yang sangat populer pada masanya. Selain itu, kita juga bisa menemui helikopter tempur Mi-24 yang dipajang di dek pertama. Di dek kedua, para pengunjung diperlihatkan sekilas tentang kondisi kehidupan laut dan ruang pameran seperti pameran penerbangan luar angkasa dan pelayaran. Disini kita tak hanya melihat namun juga melakukan aktivitas “peperangan”. Walaupun bukan perang yang sesungguhnya namun di kita bisa mendapatkan pengalaman mengoperasikan senjata militer yang canggih. Selain alat perang yang canggih, di bagian ini kita juga ditunjukkan seni beladiri tradisional Rusia yang menjadi keahlian khusus para tentara negara ini.

Setelah puas melihat alat perang dan pameran di bidang penerbangan dan pelayaran kini kita bisa menikmati area minsk square yang luasnya meliputi 19,8 hektar. Arena ini dibagi menjadi 3 bagian yakni back square, front square dan aircraft carrier center. Saat memasuki front square, pengunjung akan disambut oleh para penjaga. Tidak hanya itu, di bagian ini berdiri sebuah patung bernama “Turn Swords into Plough”. Tujuan didirikannya patung ini adalah untuk menyerukan ide-de tentang perdamaian. Selanjutnya di bagian back quare yang mungkin akan menjadi bagian paling menarik dari Minsk World yakni simulasi pertempuran laut. Nah, puas menyusuri semua koleksi dan pertunjukan di Minsk World, Anda bisa berbelanja dan mengisi perut di bagian aircraft carrier center. Asyik bukan?

Dari sekian banyak hiburan dan pameran yang disajikan disini, sejatinya atmosfer pangkalan militer dibentuk dari keberadaan kapal tempur nan gagah Minsk dan pemandangan laut yang indah. Sebuah objek wisata yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Oya, untuk masuk ke theme park ini, Anda harus membayar tiket seharga 110 CNY untuk pengunjung dewasa dan 55 CNY untuk pengunjung anak-anak.

Untuk mencapai lokai Minsk World di Shenzhen ini Anda hanya perlu naik bus nomor 103, 202, 205 atau 430. Bus ini melayani penumpang dari pukul 9 pagi hingga 7.30 malam.

Selama berlibur di Shenzhen, Anda bisa menginap di Hotel Kapok, Sanjiu Hotel dan Honlux Apartment.

Selain Minsk World, taman hiburan lainnya di Shezhen adalah Happy Valley, Honey Lake Holiday Village dan Donghu Park.

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,