Siraya National Scenic Area sangatlah besar, yaitu sekitar 91.000 hektar lebih. Wilayahnya meliputi 13 distrik yang tersebar di kota Tainan dan Chiayi. Jika Anda punya waktu liburan yang panjang, berkunjunglah ke Siraya selama beberpa hari agar dapat mengeksplorasinya dengan menyeluruh. Di Siraya, tidak hanya tempat-tempat wisatanya saja yang jadi daya tarik bagi turis. Akan tetapi budayanya pun menarik untuk diketahui. Di Siraya, terdapat beberapa festival yang selalu berlangsung dari tahun ke tahun. Adapun festival-festival tersebut adalah:

1. Zuomalai Pasture Festival

Zuomalai atau Tsou Ma Lai Farm terletak diantara distrik Yujing dan Danei di Tainan. Memiliki luas area 120 hektar dan dikelilingi oleh sungai dan pegunungan. Disini, masyarakatnya bekerja untuk mengkombinasikan pertanian dan turisme sehingga Zuomalai menjadi destinasi populer untuk wisata grup dan keluarga. Setiap tahun di bulan April, Mei dan Desember diadakan Zuomalai Pasture Festival. Pada saat festival tersebut diadakan berbagai aktivitas bertema pertanian seperti pameran kehidupan pertanian, produksi tanaman pertanian untuk ditanam sendiri, lomba layang-layang, tur herbal dan berbagai macam perlombaan.

Lokasi

View Larger Map

2. Hutoupi Cricket Fighting Festival

Festival adu jangkrik di Hutoupi dikenal dunia dengan sebutan Olimpiade Serangga. Festival ini mengambil waktu pada musim panas sekitar Juni-Agustus setiap tahunnya. Pelaksanaan tepatnya sekitar bulan Agustus. Selain festival ini, pengunjung dapat juga menikmati indahnya bendungan tertua di Taiwan yaitu Hutoupi Reservoir. Pemandangan di sekitar danau sangatlah indah dan menenangkan batin. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi kota tua Sinhua dan pergi ke pusat perkantoran era Jepang yang masih berdiri sampai sekarang.

Lokasi

View Larger Map

3. Sinkan Cultural Activities

Suku Sinkan adalah salah satu keturunan suku Siraya yang mempunyai sejarah budaya yang panjang. Untuk melestarikan budayanya, mereka mendirikan organisasi sebagai tempat untuk mengajarkan mengenai budaya masyarakat Sinkan. Setiap tahun di bulan April, suku Sinkan mengadakan pekan budaya sebagai usaha untuk mengenalkan budaya Sinkan pada orang-orang. Setiap tahun festival akan berganti tema. Kegiatannya meliputi pengenalan terjadap arsitektur tradisional, bahasa Minnan, agama yang dianut, seni tradisional, musik dan kunjungan ke museum pra sejarah. Pengunjung akan dibawa serta untuk merasakan kehidupan lokal melalui aktivitas-aktivitas tersebut.

4. Baihe Lotus Festival

Baihe berlokasi di Tainan City dan terkenal dengan sebutan Negeri Lotus. Bunga Lotus dan teratai di Baihe akan mekar sekitar bulan Juni dan Agustus setiap tahunnya. Tiga tempat yang paling populer di kalangan para turis adalah perkebunan Lotus di Liantan, Dajhu dan Jhumen. Ketika Baihe Lotus Festival diadakan, Anda bisa mengikuti berbagai aktivitas seperti memetik lotus, melukis lotus, dongeng mengenai lotus, upacara minum teh, menikmati hidangan berbahan dasar lotus dan masih banyak lainnya. Setiap tahun festival ini akan menarik ratusan pengunjung untuk datang dan menikmati indahnya bunga lotus yang mekar pada pagi hari.

Lokasi

View Larger Map

5. Dongshan Longan Festival & Coffee Festival

Longan atau kelengkeng adalah buah yang menjadi ikon Dongshan. Setiap bulan Juli dan Agustus di Dongshan akan penuh dengan buah kelengkeng. Di dini Anda akan mengetahui bagaimana proses pengeringan buah kelengkeng hingga menjadi manisan. Anda bisa melihat sendiri bagaimana prosesnya berlangsung. Selain itu, Anda juga bisa mencoba sendiri memetik kelengkeng menggunakan galah bambu yang merupakan alat tradisional yang masih banyak digunakan.

Selain kelengkeng, Dongshan juga merupakan penghasil kopi yang sukses. Sejarah kopi di Dongshan sudah berlangsung semenjak 60 tahun yang lalu. Festival kopi di Dongshan akan berlangsung sekitar bulan Oktober dan November. Tiap tahunnya diadakan festival tersebut untuk mempromosikan kopi Dongshan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati manisnya jeruk ponkan yang juga banyak ditemui di Dongshan. Ketika festival berlangsung, Anda bisa mengikuti tur berkeliling kebun kopi bersama pemandu. Setelah itu, Anda bisa beristirahat dan minum kopi di kafe-kafe di atas pegunungan dan menikmati pemandangan yang terbentang.

Lokasi

View Larger Map

6. Yujing Mango Festival

Distrik Yujing di Tainan City dikenal dengan sebutan “Mango Kingdom” atau Kerajaan Mangga. Hal ini tidak mengherankan karena wilayah ini merupakan tempat dimana Anda bisa menemukan berbagai macam varietas mangga.  Produksi tiap tahunnya mencapai 10.000 ton dan telah menghasilkan berbagai macam produk olahan. Musim mangga akan berlangsung pada bulan April sampai September namun festival mangga akan berlangsung sepanjang bulan Juli. Di Yujing Mango Festival, pengunjung bisa mencoba untuk membuat manisan mangga sendiri. Selain itu Anda bisa menyaksikan kontes ukuran mangga dan kontes kecantikan. Jangan lupa untuk mencicipi mangga dari berbagai macam jenis, baik yang masih berupa buah maupun yang sudah berbentuk olahan. Es krim rasa mangga tentunya akan sangat menyegarkan untuk dinikmati pada perjalanan Anda ke Yujing di musim panas.

Lokasi

View Larger Map

7. Guantian Water Caltrop Festival

Di Indonesia, water chestnut disebut juga buah sarangan atau kastanye. Namun mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai buah tersebut. Guantian di Tainan adalah penghasil utama water chestnut. Stiap bulan September dan Oktober, di Guantian akan diadakan festival memanen water chestnut. Atraksi tersebut menjadi pemandangan yang harus dilihat jika Anda berkunjung ke Taiwan bagian selatan. Pada saat tersebut akan diadakan juga berbagai festival kebudayaan seperti barongsai, tarian naga, konser, dan sesi mencicipi berbagai olahan water chestnut.

Lokasi

View Larger Map

Hotel di Tainan: Zenda Suites, Good Ground Hotel dan King & Princess Motel

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,