Keelung City adalah sebuah kota yang berada di bagian timur laut Taiwan. Kawasannya berbatasan langsung dengan New Taipei City dan membentuk area metropolitan Taipei-Keelung. Kota dengan julukan Rainy Port ini adalah rumah bagi pelabuhan terbesar kedua di Taiwan setelah Kaohsiung.

Tak hanya pelabuhannya yang menjadi daya tarik di Keelung, namun kota ini pun punya ritual budaya yang sudah berlangsung sejak lama. Sudah 150 tahun lamanya kota Keelung merayakan perayaan Midsummer Ghost Festival. Ketika waktunya tiba, ribuan turis berdatangan memenuhi kota kecil ini untuk bergabung dalam euforia festival.

Midsummer Ghost Festival dirayakan setiap bulan ketujuh menurut penanggalan Cina. Selama satu bulan, dipercaya bahwa para ruh orang-orang mati dilepaskan kembali ke dunia. Pada bulan ini, masyarakat Cina merayakannya dengan mendoakan para ruh leluhur dan memberikannya sesaji. Di Keelung, Midsummer Ghost Festival dirayakan dengan banyak cara. Beberapa diantaranya adalah melarung lampion di sungai atau laut dan perlombaan membuat lampion.

Pada saat tersebut, rumah-rumah di Keelung akan dipenuhi dengan lampion yang menyala. Hal tersebut menyuguhkan pemandangan indah di malam hari bagi para turis. Dengan menyalakan lampion, masyarakat percaya bahwa cahayanya akan membantu para ruh yang tersesat menemukan jalan kembali ke alamnya.

Sejarah Keelung Ghost Festival bermula di tahun 1851 ketika klan-klan yang bertikai pada masa itu saling serang dan menimbulkan banyak korban. Setelahnya, masyarakat bersepakat untuk membina keharmonisan dengan cara memberikan sesaji sebagai persembahan bagi para korban yang tewas.

Pada tahun ini (2013), perayaan akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 25 Agustus. Festival mengambil tema “Integration of Arts” yang masih berhubungan dengan sejarah peristiwanya. Festival kali ini akan dimeriahkan oleh peserta dari berbagai penjuru dunia seperti pertunjukan Stranger Band dari Amerika, Las Bellas dari Brasil, Hiragana dari Bolivia, dan banyak lainnya.

Selain menikmati festival ruh di Keelung, Anda juga dapat bergabung di perayaan lain seperti Siraya Festivals. Alternatif wisata lain selama berada di Taiwan antara lain Maokong Gondola dan Zhinan Temple.

Sedangkan untuk akomodasi selama perjalanan Anda, kami rekomendasikan hotel-hotel terbaik seperti Sheraton Hotel, Sherwood Hotel serta The Riviera Hotel Taipei.

Lokasi

View Larger Map

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,