Sejarah Taiwan yang panjang menyisakan banyak bangunan bersejarah. Beberapa terbengkalai, namun banyak pula yang kemudian direstorasi oleh pemerintah untuk sebagai usaha untuk melestarikan sejarah dan budaya. Satu contoh gedung bersejarah yang masih terawat sampai sekarang adalah Lin’s Family Mansion.

Lin’s Family Mansion adalah milik Lin Ping-Hou, seorang saudagar kaya yang bermigrasi ke Taiwan di tahun 1778. Lin sukses dalam bisnisnya dan membangun rumah tinggal di Banqiao. Pada jaman dahulu, merupakan hal yang biasa bagi para orang kaya untuk membangun rumah mewah. Selain berfungsi sebagai tempat tinggal, biasanya rumah juga digunakan untuk menyambut relasi bisnis atau kenalan pejabat.

Kekuasaan mereka berakhir ketika Jepang menduduki Taiwan . Keluarga Lin di Banqiao kemudian pindah ke Cina dan tidak pernah kembali. Lin’s Family Mansion hancur karena perang dan bahkan sempat digunakan oleh para pengungsi yang masuk ke Taiwan. Pada waktu itu, ada lebih dari 1000 orang yang tinggal dalam rumah keluarga Lin.

 Barulah setelah dana terkumpul, proses renovasi dan restorasi dimulai di tahun 1971. Keluarga Lin pun pada akhirnya menyerahkan kepemilikan Lin’s Mansion kepada pemerintah Taipei. Mereka bahkan menyumbang jutaan dolar untuk merenovasi. Lin’s Family Mansion akhirnya resmi dibuka pada tahun 1986.

Jika Anda tertarik mengunjungi Lin’s Mansion, Anda harus membayar tiket masuk sebesar NT$ 100. Peta dan brosur berisi informasi tempat-tempat yang bisa dimasuki juga dapat Anda temukan di loket tiket. Tur berpemandu juga tersedia bagi yang menginginkan. Informasi lebih lanjut mengenai peraturan dan syarat lainnya bisa dibaca di sini. Sedangkan mengenai rute tur, bisa Anda lihat di sini.

Di Lin’s Family Mansion, kita bisa melihat arsitektur bersejarah yang merupakan peninggalan budaya. Dari apa yang kita lihat, dapat memberi gambaran bagaimana kehidupan jaman Dinasti Qing dijalanii. Di dalamnya, Anda bebas berfoto ria namun jangan lupa untuk selalu menjaga ketenangan dan kebersihan. Jangan lupa untuk singgah juga di Lin’s Family Garden yang merupakan salah satu kebun tradisional Cina yang masih tersisa.

Menuju Lin’s Family Mansion dapat ditempuh dengan bus atau kereta. Gunakanlah bus dengan nomor 264, 307, 701, 702 dari Taipei City ke pemberhentian bus di Lin Family Garden. Apabila naik kereta, turunlah di New Banqiao Station dan lanjutkan dengan berjalan melewati Ximen Street selama sekitar 10 menit. Atau dengan MRT Bannan Line sampai ke Xinpu Station. Keluarlah melalui Exit 1 dan sambung perjalanan dengan bus nomor 16.

Saat berada di Taiwan, kunjungilah tempat-tempat wisata yang memberikan edukasi bagi Anda mengenai budaya lokal seperti Yunlin Puppet Museum, Suantou Sugar Factory dan Taiwan Indigenous People Cultural Park.

Sedangkan untuk akomodasi selama perjalanan Anda, kami rekomendasikan hotel-hotel terbaik seperti Sheraton Hotel, Sherwood Hotel serta The Riviera Hotel Taipei.

Lokasi

View Larger Map

 

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,