Berwisata ke Taiwan, tidak akan lengkap jika Anda tidak mencoba hal yang satu ini. Apalagi kalau bukan naik Gondola. Gondola dapat Anda temukan salah satunya di Wulai. Namun tidak perlu jauh-jauh pergi ke Wulai untuk naik gondola. Anda cukup menuju ke Taipei Zoo dan kemudian naik gondola menuju Maokong. Maokong adalah nama suatu daerah perbukitan di sebelah selatan Taipei.  Maokong terkenal akan kebun tehnya. Lokasinya yang berada di atas bukit juga membuat Maokong mempunyai udara yang sejuk.

Untuk menuju ke Maokong, Anda dapat menggunakan gondola atau cable car dari Taipei Zoo. Perjalanan naik gondola dari Taipei Zoo ke Maokong akan memakan waktu sekitar 20 menit. Anda dapat memilih untuk langsung naik gondola atau menghabiskan waktu berjalan-jalan di kebun binatang terlebih dahulu. Di area Taipei Zoo, terdapat dua terminal tempat Anda bisa naik gondola. Jika ingin langsung naik ke Maokong, Anda dapat langsung menuju terminal yang ada di luar kebun binatang. Namun jika Anda ingin melihat-lihat hewan di kebun binatang, Anda dapat naik gondola dari terminal yang ada di dalam.

Terdapat dua pilihan gondola yang akan membawa Anda. Ada gondola dengan kabin reguler dan ada Crystal gondola. Crystal gondola mempunyai lantai yang terbuat dari kaca. Sepanjang perjalanan Anda akan dapat melihat pemandangan di bawah kaki Anda. Selain itu, yang membedakannya dengan kabin reguler adalah kapasitas penumpangnya. Gondola reguler bisa menampung 8 orang sedangkan Crystal gondola hanya untuk 5 penumpang.

Untuk tiket gondola dapat dibeli di loket dengan menggunakan Easy Card yang biasanya digunakan untuk naik MRT atau dengan uang tunai. Tiketnya berkisar antara NT$30-50 untuk sekali jalan, tergantung berapa terminal yang akan Anda singgahi. Perlu Anda ketahui, dalam perjalanan ke Maokong yang hanya berjarak 4 Km, gondola akan melewati dua terminal, satu terminal di dalam kebun binatang, satu lagi akan berhenti di kuil Zhinan. Terminal Maokong adalah pemberhentian terakhir.

Sesampainya di atas, Anda dapat melihat indahnya daerah pegunungan Maokong sambil menikmati sepoci teh panas yang merupakan produk khas Maokong. Anda bahkan bisa mencoba meracik teh Anda sendiri untuk dinikmati. Berjalanlah keluar dari terminal gondola dan turunlah ke bawah. Di sana Anda akan menemukan kios-kios lokal yang menjual teh dan penganan khas Maokong. Untuk Anda yang senang berpetualang, Maokong adalah tempat yang tepat untuk hiking atau bersepeda. Anda bisa hiking dan menyusuri hutan atau kebun teh yang ada di sana. Lanskap Maokong dirasa cocok untuk yang senang dengan olahraga downhill.

Setelah puas berjalan-jalan di Maokong, Anda dapat turun dan kembali ke kota. Untuk turun ke kota, ada dua alternatif transportasi. Anda dapat naik gondola lagi untuk turun ke bawah, atau Anda dapat menggunakan bus. Biasanya, jika cuaca sedang hujan, tidak memungkinkan untuk gondola beroperasi.  Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan bus utuk turun ke bawah. Bus dapat diakses dari terminal gondola. Selain itu, bus juga akan berhenti di titik-titik tertentu dengan tanda khusus seperti di pertokoan atau kios teh yang Anda temui di pusat Maokong.

Gondola beroperasi setiap Selasa sampai Minggu. Setiap hari Senin akan tutup untuk pemeliharaan. Jika Anda datang pada musim libur atau akhir minggu, Anda mungkin harus mengantre tiket culup lama. Oleh karena itu, manajemen gondola memberlakukan sistem antrean khusus. Jika antrean tiket sangat banyak, ambillah nomor antrean dan masuklah ke dalam terminal sesuai waktu yang tertera di tiket antrean. Berikut jadwal jam operasi gondola:

Hari

Jam buka

Selasa-Kamis 09.00-21.00
Jumat dan sehari sebelum hari libur nasional 09.00-22.00
Sabtu dan selama hari libur nasional 08.30-22.00
Minggu dan hari terakhir libur nasional 08.30-21.00

Lokasi

View Larger Map

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Hotel di Taipei: Caesar Park Hotel, Cosmos Hotel, Sheraton Hotel

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,