Taiwan pernah terkenal akan produksi gula tebunya yang melimpah. Hal tersebut bermula sejak masa Dinasti Ming berkuasa. Puncak kejayaan industri gula terjadi di tahun 1939, ketika produksinya mencapai 1,4 juta ton dalam setahun. Pada saat itu, seperlima kawasan pertanian Taiwan ditanami dengan tebu.

Namun ketika Taiwan berkembang menjadi negara industri, produksi gula semakin menurun. Banyak pabrik yang kemudian bangkrut dan ditutup. Salah satunya adalah pabrik gula yang ada di provinsi Chiayi yaitu Suantou Sugar Factory.

Suantou Sugar Factory berdiri pada tahun 1904. Meskipun sudah berhenti beroperasi, namun kawasan pabrik tetap terjaga dengan baik. Sekarang bahkan digunakan untuk sarana rekreasi. Jika singgah kesana, kita bisa menikmati sejuknya suasana area pabrik yang dipenuhi pepohonan rindang. Beberapa diantaranya bahkan berusia lebih tua dari pabrik itu sendiri.

Di Suantou Sugar Factory, pengunjung biasanya datang untuk sekedar melihat-lihat pabrik tua tersebut. Namun yang paling menarik dari wisata disana adalah perjalanan menggunakan kereta tua peninggalan pabrik gula. Para turis akan diajak dalam perjalanan selama kurang lebih satu jam. Selama tur, kita akan ditemani guide yang menjelaskan tentang sejarah dan fungsi peralatan di sana. Namun sayang, tidak tersedia pemandu yang berbahasa Inggris.

Perjalanan dengan kereta akan melewati terowongan yang dihias dengan lentera. Setelah sampai, kita diberikan waktu bebas selama sejam untuk mengekplorasi area pabrik. Saat tersebut adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mengabadikan momen dan melihat-lihat mesin-mesin tua yang masih terjaga.

Suantou Sugar Factory berada dalam kawasan Zhecheng Culture Park di Chiayi County. Anda dapat menggunakan HSR menuju Chiayi. Sesampainya di Chiayi High Speed Rail Station lanjutkan perjalanan dengan bus menuju Chiayi Park. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 40 menit. Wisata pabrik dibuka mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore. Tiket masuk dijual seharga NT$ 100 untuk dewasa, NT$ 80 untuk anak-anak serta NT$ 40 untuk balita dan lansia.

Jadikan perjalanan Anda ke Taiwan menjadi kunjungan tak terlupakan dengan singgah ke berbagai destinasi wisata seperti National Museum of Marine Biology and Aqua, Guandu Bike Path dan Museum of World Religions.

Di Chiayi, silakan menginap di hotel-hotel pilihan seperti Country Hotel, Day Plus Hotel serta Ali-Shan Dengshan Hotel.

Lokasi

View Larger Map

 

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,