Danshui atau sering juga disebut Tamsui adalah sebuah distrik yang menjadi bagian dari New Taipei City. Namanya diambil dari sebuah sungai yang mengalir melintasi kota yakni Tamsui River. Distrik yang juga merupakan tempat tiga universitas besar di Taiwan ini berperan besar dalam sejarah. Jika punya waktu lebih di Taiwan, luangkanlah setidaknya 2 hari untuk mengekplorasi tempat-tempat wisata di Danshui.

Distrik Danshui tidaklah terlalu luas, namun di dalamnya kaya akan wisata dengan beragam bentuk. Menuju ke sana pun mudah, cukup dengan 40 menit naik MRT dari Taipei Main Station menuju Danshui MRT Station.

Artikel kali ini akan memberi Anda informasi mengenai tempat wisata untuk dikunjungi di Danshui. Berikut uraiannya:

Hari Pertama

Fort San Domingo adalah sebuah benteng yang merupakan bangunan bersejarah di Danshui. Bangunan yang didirikan oleh Spanyol pada tahun 1628 ini terkenal karena arsitekturnya yang masih terjaga. Selain itu, tempat ini juga populer diantara masyarakat dan sering digunakan sebagai spot untuk menyaksikan matahari terbenam di Danshui. Dari MRT Station, benteng tua ini dapat dicapai menggunakan bus R26.

Drop of Water Memorial adalah sebuah gedung kuno bergaya Jepang yang didirikan oleh Minakami Tsutomu pada tahun 1915. Bangunan tua ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2011 setelah mengalami perbaikan selama hampir empat bulan. Untuk mencapainya, Anda cukup berjalan kaki sejauh 1 kilometer, sekitar 15 menit perjalanan dari Fort San Domingo.

Lokasi Martyr’s Shrine sangatlah dekat dengan Drop of Water Memorial. Hanya 5 menit berjalan kaki Anda sudah sampai di sana. Bangunan ini dulunya adalah milik Jepang, namun kemudian desainnya diubah menyerupai istana Cina dan dipersembahkan kepada para martir yang tewas dalam perang melawan Jepang. Pemandangan hutan pinus di sekitarnya sangatlah indah dan menyegarkan.

Fort Huwei adalah benteng yang berperan penting dalam menjaga keamanan di Taiwan bagian utara. Dibangun oleh gubernur pertama Taiwan pada tahun 1896. Benteng pertahanan ini kini menjadi destinasi wisata bagi para turis yang pergi Danshui. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai serta melihat pameran foto-foto Danshui di jaman dahulu. Letak bangunan ini kurang dari 100 meter dari Martyr’s Shrine.

Perjalanan selanjutnya menuju ke dermaga terkenal di Danshui yang disebut Fisherman’s Wharf. Kawasan ini sangat populer bagi keluarga dan pasangan kekasih menghabiskan waktu. Dari dermaga ini, Anda bisa menyaksikan megahnya Lover’s Bridge di malam hari. Menuju ke sana, Anda bisa menggunakan bus R26 dari Fort Huwei. Perjalanan menghabiskan waktu sekitar 20 menit.

Hari Kedua

Little White House adalah bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat tinggal seorang pejabat pajak. Bangunan indah ini dibangun pada masa Dinasti Qing sekitar tahun 1870. Sekelilingnya dihiasi kebun yang indah dengan pemandangan langsung menuju Danshui river. Kawasan Little White House banyak digunakan oleh pasangan kekasih melaksanakan foto pernikahan mereka.

Satu lagi peninggalan sejarah di Danshui adalah Red Castle. Lokasinya berada di dekat Danshui Old Street dan berada di atas bukit. Kini, bangunan megah ini digunakan sebagai restoran dan kafe yang menyajikan beragam hidangan lokal dan internasional. Letaknya sekitar 550 meter jika ditempuh dari Little White House.

Lokasi Danshui Old Street sangatlah strategis karena berdekatan dengan Danshui Station. Jalan tua ini sangat terkenal dengan toko-toko tuanya serta ragam jajanannya. Saat berjalan-jalan di sini, jangan lupa untuk singgah di kuil Longshan.

Danshui Cultural Park adalah salah satu situs sejarah yang dibuka untuk umum. Danshui Cultural Park berisi gudang-gudang tua yang dibangun antara tahun 1870-1880 an serta jalanan yang menggambarkan keadaan pada Perang Dunia II.

Semua destinasi wisata di atas adalah beberapa referensi yang dapat Anda pilih jika datang ke Danshui. Silahkan sesuaikan dengan jadwal atau pilihlah mana yang Anda suka.

Selama jalan-jalan di Danshui, silahkan menghabiskan malam di hotel-hotel pilihan seperti Fullon Hot Spring Resort Danshuei, Park City Hotel, Amain Boutique Motel Danshuei atau Alive Resort.

Lokasi

View Larger Map

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,