kaohsiung-sightseeing-shoushan

Sou Shan terletak di bagian barat kota Kaohsiung. Gunung tertinggi di Kaohsiung ini tersusun dari batu-batu kapur. Dulunya disebut dengan nama Chai Shan yang berarti gunung kayu. Selain itu, masyarakat kuno pun banyak datang ke sana untuk mencari kayu bakar sebagai bahan bakar tungku.

Selain Chai Shan, gunung ini pun punya banyak nama lain diantaranya Da Gou Shan, Gu Shan, Hou Shan dan Mai Jin Shan. Semua nama tersebut disertai kisahnya masing-masing. Yang paling menarik dan paling terkenal adalah cerita dibalik nama Mai Jin Shan yang berarti gunung harta.

Dikisahkan ada seorang bajak laut bernama Daogan Lin yang melarikan diri ke Kaohsiung. Namun dia tiba-tiba panik dan pergi karena akan dibunuh oleh para pasukan yang mengejarnya. Diceritakan bahwa Lin meninggalkan hasil F39AED12-0E40-4948-A13E-03498209F8EE_cjarahannya berupa delapan belas setengah keranjang berisi emas yang dikubur di gunung itu. Itulah kenapa Chai Shan juga disebut dengan Mai Jin Shan di masa lalu.

Namanya berubah menjadi Sou Shan bersamaan dengan datangnya pangeran Hirohito dari Jepang. Pada saat itu, bertepatan dengan ultah pangeran, gunung yang menjadi tempat tinggalnya pun diubah namanya menjadi Sou Shan yang berarti gunung panjang umur.

Sou Shan berada di sebelah Kaohsiung Harbor. Tinggi puncaknya sekitar 362 meter dan memanjang dari utara ke selatan sejauh 10 Km. Jika ditilik dari atas, Sou Shan seakan-akan merupakan tembok pelindung Kaohsiung.

Kawasan Sou Shan sangat cocok bagi Anda yang doyan berjalan. Di puncaknya terdapat beragam tempat untuk dikunjungi seperti kebun, taman, kuil bahkan kebun binatang. Untuk dapat masuk, ada tiga pilihan jalur yang bisa dipilih. Pintu selatan berada tepat di sebelah Sou Shan Zoo. Jika masuk dari sana, kita akan menemukan gua batu dengan stalagmit dan pilar batu yang menakjubkan.

Dua pintu yang lain ada di samping SMA Gushan dan di samping Longcyuan Temple yang ada di Gushan 3rd Road. Yang terakhir inilah yang paling populer. Pintu masuk utara menuju langsung ke Tzaishan Nature Park.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAHiking di kawasan Sou Shan Scenic Area akan membuat Anda merasa segar. Udara bersih dipadukan dengan pemandangan indah tentu bisa menjadi obat bagi pikiran penat kita. Perlu juga untuk diketahui, Sou Shan juga merupakan habitat bagi monyet asli Taiwan. Mereka terbiasa dengan manusia namun Anda dilarang keras memberi makanan kepada mereka. Jangan lupa juga untuk selalu patuh terhadap tanda larangan yang ada. Sebagian kawasan Sou Shan masih dikelola oleh pihak militer sehingga ada beberapa bagian yang terlarang bagi pendaki.

Jika Anda datang naik THSR dari Taipei, lanjutkan perjalanan dengan MRT menuju Yanchengpu Station. Selanjutnya naiklah City Bus nomor 56 menuju Shou Mountain Entrance.

Di Kaohsiung, banyak destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Beberapa contohnya yakni Dome of Light, Museum of History, Former British Consulate dan tentunya Love River.

Berikut beberapa hotel yang bisa menjadi referensi Anda selama berlibur ke Taiwan Hotel 73, Li Yuan Hotel dan Citizen Hotel.

 Lokasi

View Larger Map

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,