Nantou County adalah satu-satunya provinsi di Taiwan yang tidak berbatasan dengan pantai. Lokasinya berada di tengah-tengah pulau sehingga mendapat julukan jantung Taiwan. Provinsi seluas 4100 meter persegi ini merupakan rumah bagi gunung tertinggi yaitu Yushan Mountain.

Nantou mempunyai sistem pertanian yang maju. Sebagian besar penduduknya memang berprofesi menjadi petani. Perekonomiannya pun sangat bergantung pada sektor agraris. Hal ini memicu banyaknya pembangunan area rekreasi bertema pertanian dan peternakan.

Pada tahun 1999, gempa bumi dahsyat menghancurkan 60 persen lahan yang ada di Nantou. Sebelumnya, Desa Taomi sudah berada dalam keadaan sangat terpuruk. Bahkan sempat mendapat predikat “desa sampah.” Namun dibalik bencana itulah yang menginspirasi komunitas warga untuk membangun kembali lahan mereka dan membuatnya menjadi daerah eco tourism.

Dengan bantuan dari New Homeland Foundation, Taomi Village mulai dibangun dan tumbuh. Pembangunannya pun tidak sembarangan. Penelitian mendalam mengenai potensi dan keadaan alam dilakukan. Ditemukan bahwa desa Taomi dikelilingi dengan rawa dan hutan sehingga tidak cocok untuk industri. Karena itulah diputuskan untuk membuatnya menjadi desa ramah lingkungan.

Mereka memulai dengan membangun zona ekologi dan menciptakan ekosistem baru bagi para satwa. Selain itu, pembagian wilayah habitat juga dilakukan. Pembangunan sarana dan prasarana menggunakan material lokal sehingga menghasilkan jembatan, kolam, jalan setapak dan lainnya. Semakin lama, restoran dan guesthouse pun mulai dibangun.

Kini, Taomi Eco Village ramai dikunjungi turis sepanjang tahun. Mereka datang ke Taomi tidak hanya untuk berekreasi, namun juga belajar tentang alam. Para pengunjung akan dibawa berkeliling ke Paper Dome Park—taman rekreasi tempat kita belajar mengenai sejarah Taomi, mengunjungi Caonan Wetland dimana kita mengenal ekosistem lokal, juga segala kegiatan yang berhubungan dengan alam.

Jika Anda ingin pergi ke sana, ada baiknya jika mendaftar untuk tur dengan guide lokal. Akan tetapi, pemandu yang ada hanya bisa berbahasa Taiwan dan Mandarin. Namun jangan sampai hal tersebut menghalangi niat Anda untuk datang, karena pengalaman yang ditawarkan di Taomi sangatlah menyenangkan.

Taomi Village berada dalam satu provinsi dengan Sun Moon Lake. Selain itu, di Taiwan Anda juga bisa mengunjungi suasana pedesaan lainnya di Bantou Village dan Festival Siraya.

Di Nantou, Anda bisa tinggal di hotel-hotel pilihan yang nyaman seperti Skylight B&B, Cheng Yuan Hotel atau Energy Home Guest House.

Lokasi

View Larger Map

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,