Tanaman bambu adalah tanaman yang tidak hanya kuat, namun juga terkenal karena kelenturannya. Pohon bambu mampu bertahan melalui cuaca buruk dan tetap berdiri tegak. Dalam budaya masyarakat Cina, bambu menjadi simbol integritas. Selain itu, kata bambu sering diselipkan dalam berbagai ucapan ketika Tahun Baru Cina tiba.

Di Taiwan, bambu merupakan tanaman yang mudah tumbuh. Kondisi geografinya mendukung banyak ragam bambu untuk berkembang di sana. Salah satu daerah penghasil bambu adalah provinsi Nantou, tepatnya di daerah Chusan.

Sebagai usaha untuk melestarikan bambu, di Chusan dibangun sebuah taman kecil bernama Qing Zhu Bamboo Culture Park. Pertama kali didirikan pada tahun 1997. Taman seluas 1 hektar ini mempunyai wahana-wahana bertemakan bambu yang tersebar di wilayahnya.

Bamboo Culture Park awalnya berfokus pada budaya dan karya seni berbahan bambu. Dibangunnya tempat ini juga merupakan wadah bagi para perajin dan penggemar karya dari bambu di Taiwan. Organisasinya pun memproduksi arang bambu untuk menunjang para anggotanya.

Mereka memberikan pembelajaran bagi para petani bambu bagaimana membuat tanaman mereka lebih baik kualitasnya serta mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan produk-produk seperti arang bambu dan cuka bambu.

Bamboo Culture Park terbuka bagi para turis yang ingin berkunjung dan mengenal bambu lebih jauh. Sebagai bagian dari taman, terdapat kebun bambu tempat kita bisa mengenal ragam dan jenisnya. Terdapat lebih dari 100 spesies tanaman bambu dengan bermacam warna seperti bambu hijau, merah, ungu kehitaman serta kombinasi warna kuning dan hijau.

Berjalan-jalan di taman, Anda dapat menemukan rumah-rumah yang terbuat dari bambu, bahkan jembatan besar yang diberi nama Sky Ladder. Bagi Anda yang ingin membeli suvenir sebagai kenang-kenangan, terdapat toko yang menjual hasil karya penduduk lokal.

Alternatif lain bagi pengunjung adalah mengunjungi museum bambu atau tungku pembakaran bambu. Di tempat pembakaran, kita bisa mencoba membakar bambu dan mencoba menciptakan produk dengan tingkat kemurnian tinggi. Pihak pengelola juga menyediakan tur dengan pemandu dan kelas-kelas kursus yang bisa diikuti.

Selain Bamboo Culture Park, kunjungilah wisata-wisata menarik lainnya seperti Maokong Gondola, Fulong Beach dan Zhinan Temple

Selama wisata Anda di Taiwan, menginaplah di hotel yang menjamin kenyaman Anda seperti Caesar Park Hotel, Grand Hotel, Santos Hotel.

 

Lokasi

View Larger Map

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • bambu cina
  • taman bambu surabaya
  • taman bambu

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,