Kepercayaan masyarakat Taiwan untuk menyembah dewa-dewa mendukung dibangunnya kuil-kuil tempat persembahan. Setiap kuil memuja dewa yang berbeda. Seperti Kuil Lady Linshui tempat para wanita berdoa meminta perlindungan bagi putra dan putrinya. Atau Kuil Zhinan dimana Lu Tung Pin—salah satu dari delapan dewa dalam ajaran Taoisme—disembah.

Di Tainan, sebuah kuil didirikan sebagai persembahan untuk penguasa dunia bawah tanah, Yuedi. Kuil dengan sebutan Dongyue Hall ini banyak dikunjungi orang-orang yang ingin mendoakan bahkan berkomunikasi dengan keluarga yang sudah meninggal.

Rumah bagi Yuedi ini sering juga disebut East Mountain Temple yang merupakan representasi Gunung Tai, salah satu gunung keramat di Cina. Menurut mitologi Cina, East Mountain dipercaya sebagai pintu masuk ke dunia bawah tanah tempat catatan kehidupan dan kematian tersimpan.

Dongyue Hall di Tainan dibangun pada tahun 1673 dan menjadikannya kuil tertua di Taiwan yang dipersembahkan pada Yuedi. Letaknya sempat berpindah dari lokasi aslinya. Putra tertua Koxinga, Zheng Jing -lah yang memindahkannya. Meskipun sempat terkena dampak pembangunan infrastruktur, kuil direnovasi dan direstorasi sesuai gaya aslinya.

Konstruksi East Mountain Temple terbagi menjadi tiga ruangan utama. Di aula pertama terdapat patung Yuedi sang raja dunia bawah tanah. Ruang kedua ditempati oleh Dizang Wang. Dia adalah dewa yang memberikan pengampunan dan menyelamatkan para jiwa yang ada di neraka. Wang mempunyai kewenangan khusus dalam hal reinkarnasi. Orang-orang berdoa kepadanya agar keluarga mereka bereinkarnasi menjadi sesuatu atau seseorang yang lebih baik di kehidupan selanjutnya.

Selain kedua dewa tersebut, masih ada beberapa lainnya seperti Huang Du—penguasa delapan pengadilan neraka—yang menempati ruang utama ketiga. Dongyue Hall pun menjadi tempat pemujaan bagi tokoh-tokoh lain yang merupakan dewa penghuni dunia bawah.

Hubungan Dongyue Hall yang kental dengan dunia bawah menciptakan kesan angker ketika Anda memasuki kuil. Di dalamnya terdapat mural yang menggambarkan kehidupan di neraka yang mungkin membuat kita ngeri. Lokasi Dongyue Hall ada di Minquan Road nomor 110 berdekatan dengan City God Temple. Jika berada di sana, kita bisa mampir sejenak dan membandingkan keduanya.

Untuk menuju ke Dongyue Hall, Anda dapat berjalan kaki dari Tainan TRA Station menuju Beimen Road. Beloklah ke kanan di Qingnian Road dan belok kiri di Chenghuang Street. Dongyue Hall ada di sebelah kiri.

Selama berada di Tainan, menginaplah di hotel-hotel yang nyaman seperti  Cambridge Tainan Hotel, Tainan Hotel dan Takatama Hotel.

Lokasi

View Larger Map

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • dongyue hall

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,