Terdapat ratusan kuil yang didedikasikan pada Dewi Matsu yg tersebar di seluruh Taiwan. Salah satu yang paling terkenal adalah Chaotian Temple yang ada di kota Beigang. Kuil tersebut sangat terkenal karena sejarahnya yang panjang.

Sebagaimana kita tahu, masyarakat Taiwan kebanyakan memeluk agama Budha atau melaksanakan ajaran Taoisme. Matsu adalah dewi pelindung para pengarung lautan. Sosoknya pertama kali dikenalkan pada para umat Budha oleh seorang biksu bernama Shu Pi. Dia membawa patung Dewi Matsu ke Chaotian Temple sekitar tahun 1694 pada masa Dinasti Qing.

Patung tersebut sangat terkenal di kalangan umat Budha Taiwan. Tidak hanya itu, Kuil Chaotian juga menyimpan harta berharga lainnya yang juga merupakan peninggalan biksu Shu Pi. Ketiganya berupa “Chao Ying Lu”, buku catatan asli dan Segel Berharga. Selain semua itu, Chaotian Temple mempunyai peninggalan sejarah lainnya berupa papan yang bertuliskan ukiran yang dibuat oleh Kaisar Cina Yun Cheng dan seorang gubernur jenderal dari Jepang.

Chaotian Temple merupakan kuil dengan kedatangan umat terbanyak di masa Dinasti Qing. Pemuja Matsu dari segala penjuru berbondong-bondong datang untuk memberikan persembahan. Hal tersebut nampaknya tidak berubah sampai sekarang. Kuil selalu dipadati oleh pengunjung baik orang lokal maupun dari luar daerah.

Kerumunan umat mencapai titik puncaknya pada perayaan ultah Dewi Matsu. Hari kelahiran sang dewi jatuh pada hari ke 19 bulan ke 3 menurut penanggalan Cina. Pada saat tersebut, masyarakat akan mengadakan perayaan besar-besaran dimana ribuan umat dari seluruh pelosok akan datang memeriahkan.

Pada hari tersebut, akan diadakan upacara doa. Setelahnya, patung sang dewi akan diarak berkeliling diikuti oleh para umat. Mereka percaya bahwa dengan begitu, mereka akan mendapatkan peruntungan yang baik. Prosesi acara juga dimeriahkan dengan musik tradisional dan petasan. Perayaan ultah Dewi Matsu di Beigang Chaotian Temple berlangsung selama delapan hari tujuh malam. Acara tahunan ini bahkan termasuk dalam daftar tujuh aktivitas kebudayaan terpenting di Taiwan.

Selain perayaan ultah Dewi Matsu, beberapa aktivitas budaya lain yang bisa menjadi referensi untuk Anda adalah Pingxi Sky Lantern Festival, Bombing Master Han Dan dan Taipei Lantern Festival.

Jika Anda berada di Taiwan, silakan kunjungi hotel-hotel rekomendasi kami seperti Fullon Sanyin Hotel, Howard Plaza Hotel dan San Want Hotel.

Lokasi

View Larger Map

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tempat religi umat budha di taiwan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,